Blog

Kerjasama Satgas-Monash University: Siapkan Komite Penasehat

BANDUNG-Sekretariat Satuan Tugas Citarum Harum telah menerima surat dari Prof Diego Ramirez-Lovering Direktur, Lab Kota Informal Desain dan Arsitektur Seni Monash University pada akhir Juli kemarin.

Perwakilan Sekretariat Satgas Citarum Harum Sandhi Firmansyah mengatakan, pihaknya telah menerima surat tersebut pada 29 Juli 2021 lalu.

Dalam surat yang ditujukan kepada Mayor Jenderal (Purn) Dedi Kusnadi Thamim, Ketua Harian Satgas Citarum Harum (SATGAS Citarum) dan Sandhi Firmansyah – Sekretariat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai (PPK DAS) Citarum, Diego meminta agar Satgas Citarum segera membentuk tim guna menindaklanjuti LOI kerjasama antara Pemerintah Daerah Provinsi Jabar dengan Monash University.

“Tim Monash akan segera menghubungi kami terkait pembentukan komite penasehat dan merencanakan kerjasama mereka dengan DJKN (Direktorat Jenderal Keuangan Negara) dalam satu tahun lebih ini,”ujar Sandhi, Selasa (3/8/2021).

Diego, lanjut sandi akan terus menginformasikan perkembangan mereka dan siap menyambut ide-ide Jabar maupun peluang dan cara-cara baru dalam bekerja sama Citarum tersebut.

“Selebihnya, Diego mengatakan kerja sama tersebut merupakan batu loncatan penting untuk kolaborasi Monash dengan Satgas, yang memungkinkan keduabelah pihak untuk bergerak
maju dengan mengembangkan proyek kolaboratif bersama dan menjajaki pendanaan untuk penelitian, infrastruktur, dan pembangunan kapasitas,”tuturnya.
Selama satu tahun depan, lanjut Sandhi, Monash dan Satgas akan merancang bersama percontohan sungai, sanitasi, dan penanganan limah terkait dengan Proyek Ekowisata Citarik.

“Mereka berharap dapat terus bekerja dengan satgas dalam menciptakan peluang baru untuk penelitian, transformasi perkotaan dan revitalisasi sungai di Indonesia,”ujarnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.