Blog

Ketahanan Pangan Warga, Sektor 13 Tanam Kacang Tanah di Cilangkap

PURWAKARTA-Satgas Citarum Harum Sektor 13 bersama warga Kampung Cilangkap, Desa Cadassari, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, melaksanakan penanaman benih kacang tanah, Senin 23 Agustus 2021.

Komandan Sektor 13, Kolonel Inf Dwi Sunyata, mengatakan penanaman benih kacang tanah yang dilaksanakan di tanah Demonstrasi Plot (Demplot) atau lahan percontohan yang berlokasi di wilayah desa setempat tersebut dalam rangka peningkatan ketahanan pangan masyarakat.

Dwi menuturkan, demplot merupakan suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemonstrasikan.

“Kegiatan ini dalam rangka mengedukasi warga terhadap ketahanan pangan khusus di Cadassari,” kata Kolonel Inf Dwi Sunyata pada media.

Dansektor berharap kegiatan tersebut dapat memberi peluang besar bagi masyarakat agar dapat memaksimalkan lahan pertanian yang ada secara maksimal warga Cadassari.

“Semoga para petani termotivasi dan cara bercocok tanam bisa berkembang dibanding sebelumnya,”ujar dia.

Sebelumnya, Sektor 13 mengedukasi masyarakat terkait menjaga lingkungan guna percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

Kali ini kegiatan dilaksanakan di Desa Cadasmekar, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, dengan puluhan warga yang menjadi peserta, Kamis 19 Agustus 2021.

Dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 sesuai anjuran pemerintah, acara sosialisasi langsung dipimpin Komandan Sektor 13, Kolonel Inf Dwi Sunyata.

“Menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan meningkatkan pola hidup sehat sangat lah penting, terlebih saat ini kita tengah berasa di masa pandemi Covid-19,” kata Dwi.

Disamping itu, Dwi juga mengulas sejumlah upaya yang telah dilakukan Satgas Sektor 13 dalam mengembalikan keasrian DAS Citarum.

“Banyak hal yang sudah kita lakukan selama Satgas Citarum Harum diterjunkan untuk melaksanakan percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum ini, diantaranya seperti melakukan pembersihan atau pengerukan sedimentasi sungai,” ujarnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.