Blog

Ketua Harian Harap Naradamping Ikut Aktif Laksanakan Renaksi

BANDUNG-Ketua Harian PPK Satgas Citarum Harum Mayjen (purn) Dedi Kusnadi Thamim menyatakan pihaknya siap menjalankan amanah dari pemerintah pusat dalam penanganan Citarum sesuai dengan Renaksi yang telah disepakati dan tertuang dalam Pergub Nomor 37 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 28 Tahun 2019 Tentang Rencana Aksi Pengendalian Pencemaran Dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum Tahun 2019 – 2025.

“Renaksi ini jadi panduan untuk dilakukan oleh kita semua dalam penanganan Citarum ini. Amanat Pak Asda juga, kita harus jadi motor kegiatan Citarum ini,”tutur dia kala menutup kegiatan sosialiasasi revisi Renaksi Penanganan Citarum di Command Center PPK Satgas Citarum Harum, Jalan Dago, Kota Bandung, Kamis (26/8/2021).

Diakui dia, Renaksi yang sudah 3 tahun dijalankan ada kendala karena masalah pandemi yang merupakan faktor utama sehingga penanganan Citarum sedikit terhenti.

“Kita harus paham ini semua kebijakan pimpinan dengan adanya refocusing sehingga kita hanya sempurnakan Renaksi yang sudah ada dari 2018 akhir,”ujarnya.
Namun pihaknya tidak akan terputus dan berhenti karena menangani Citarum adalah amanah. “Saya sebagai ketua harian harus kendalikan semua. Namun di sisi lain saya tidak bisa melaksanakan dengan baik maka saran yang disampaikan pada pimipinan terbentuk naradamping 13 kabupaten kota,”ujar Dedi.

Menurut dia, naradamping memiliki peran penting agar renaksi terlaksana di lapangan, karena tanpa naradamping akan putus. “Saya harap dengan satgas kab kota bisa maksimal karena naradamping bagian jadi motor program ini,”ucapnya.
Di sisi lain, tambah Dedi kolaborasi pentahelix pun harus dikedepankan. “Dengan adanya sosialisasi kami berharap pada naradmaping di 13 kab kota dapat membuat renaksi sesuai dengan wilayah masing-masing. Di dalamnya ada pendampingan tim ahli, pokja dan dansektor agar bisa terlaksana meski pandemi tidak tahu kapan berakhir,”ujarnya.
Ke depan, lanjut dia harus ada sosialisasi di hulu, tengah dan hilir Citarum. “Harapan saya bisa terlaksanan di kab kota dengan leader para dansektor dan para naradamping kabupaten kota,”ucap dia.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.