Blog

Kolam Retensi Cieunteung Dibuka Untuk Umum, Sektor 6 Ingatkan Warga Tetap Jaga Kebersihan

BANDUNG-Sudah tiga bulan Kolam Retensi Cieunteung yang terletak di Baleendah, Kabupaten Bandung dibuka untuk umum. Warga sekitar bisa memanfaatkan areal jogging track sepanjang 1.357 meter yang mengelilingi kolam retensi tersebut untuk berlari, senam bahkan memancing ikan di sana.

Komandan Sektor 6 Satuan Tugas Citarum Harum Kolonel Arh Dikdik melalui Peltu Ade mengatakan, sejak dibukanya Kolam Retensi Cieunteung sebagai sarana interaksi warga, terdapat dinamika tersendiri bagi Sektor 6 yang setiap harinya melakukan patroli.

“Di awal, memang masyarakat belum tampak sadar dalam hal kepeduliannya terhadap kebersihan. Sampah masih kami temui berserakan, padahal tempat sampah ada di banyak titik di sepanjang jogging track,”ujar Ade, Selasa (9/3/2021).

Meski demikian, upaya untuk edukasi warga terus dilakukan. Tak hanya itu, bagi warga yang membandel mereka pun berlakukan sanksi ringan hingga berat.

“Bagi yang masih melanggar atau ya ketahuan buang sampah sembarangan kami minta KTP nya dan minta membuat surat pernyataan tidak akan membuang sampah lagi sembarangan. Ada juga yang sampai dilaporkan ke polisi untuk diperingati,”ujar dia.

Selain itu, pihaknya pun menjadikan mereka jadi pasukan Gober agar rasa kepedulian mereka terhadap kebersihan lingkungan bisa tumbuh.

“Kami ingin warga juga tumbuh rasa pedulinya terhadap lingkungan di sini. Jangan hanya memanfaatkannya saja tapi harus ikut menjaga lingkungan,”ucap Ade.

“Jadi jangan salahkan alam jika terjadi bencana. Kita jaga alam, maka alam akan jaga kita juga,”kata dia.

Dia menambahkan, keberhasilan Citarum Harum itu bukan karena Satgas yang hebat atau TNI yang hebat. Keberhasilan Citarum Harum itu dikarenakan tingginya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya.

“Keberhasilan Citarum Harum ini karena masyarakat yang mau diedukasi untuk menjaga lingkungan,”tutur Ade.

Untuk diketahui, Kolam Retensi Cieunteng terletak di Baleendah Kabupaten Bandung berfungsi untuk mengurangi genangan air di wilayah Bandung Selatan. Kolam retensi menampung debit air Sungai Citarum yang dialirkan kembali setelah debit Sungai citarum menurun.

Luas genangan kolam retensi mencapai 4,75 hektare dapat menampung 190.000 m3 air buangan Sungai Citarum.

Selain sebagai infrastruktur pengendali banjir, Kolam Retensi Cieunteung juga menjadi kawasan wisata bagi warga sekitar. Terdapat jogging track sepanjang 1.357 meter yang mengelilingi kolam retensi tersebut.(*)

1 Comment

1Comment
  • Bambang Priyambodo

    pintu masuk jogging track lewat mana??? dekat jembatan citarum?

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.