Blog

Komitmen Sektor 11 Benahi Citarum

KABUPATEN CIANJUR – Komandan Sektor 11 Kolonel Infanteri Chandra Wirawan pihaknya akan selalu konsisten mengemban tugas penanganan Sungai Citarum yang ada di wilayahnya yaitu sebagian wilayah Kabupaten Bandung Barat dan juga Cianjur.

Sejumlah upaya telah dilakukan oleh Sektor 11 dalam menata lingkungan di kawasannya. Di antaranya membenahi kampung-kampung di DAS Citarum yang dinilai semrawut.

Pada kesempatan talkshow Ngobrolin Citarum (Ngonci) pada gelaran Jambore Pentahelix (Jampe) Sungai Citarum Segmen Tengah di Kampung Muhara, Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Chandra mengatakan, tempat yang dijadikan lokasi Jampe segmen tengah semula berupa kawasan alang-alang. Selain itu, kebun-kebun yang tidak terkordinir akhirnya mereka tata sehingga alami perbaikan.

“Kalau dikatakan bisa dijadikan kawasan wisata, saya belum bisa jawab,”ujarnya, Rabu (14/9/2022).

Selain Kampung Muhara, Sektor 11 pun tengah menata Kampung Kajar-Kajar Desa Kertasari Kec. Haurwangi yang kondisinya hampir sama, namun di sana terdapat delta lebih luas. Namun pihaknya alami hambatan dengan keterbatasan peralatan dan personil karena lahannya lebih luas. Meski demikian penataan tetap berjalan secara bertahap.

Terkait taman edukasi, Chandra mengharapkan tahun 2025 masa transisi pemda bisa mengambil alih. Dia pun mengapreasiasi atensi kades cukup tinggi.

“Saya nyatakan sungai masih bisa dipertanggung jawabkan. Masalah sampah dipinggir jalan sudah tertangani,”ucapnya.

Namun memang yang perlu tenaga lebih yaitu merubah kebiasaan buruk masyarakat yaitu merubah kebiasaan masyarakat membuang sampah tidak lagi ke Sungai atau di pinggir jalan. Dengan demikian, masih perlu dukungan naradamping pemerintah daerah setempat untuk sama-sama gencar merubah masyarakat agar sama-sama menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.