Blog

Komunitas Eco Enzyme Bersama Sektor 8 Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

KABUPATEN BANDUNG – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 8 bersama Komunitas Eco Enzhyme memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan menuangkan cairan multi fungsi hasil dari pemanfaatan limbah rumah tangga di Oxbow Cicukang, Minggu (5/6/2022).

Komandan Sektor 8 Kolonel Arm Nursamsudin menuturkan, kegiatan ini bertujuan agar kualitas air di lokasi tersebut menjadi lebih baik.

“Pada kesempatan ini, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, kami Satgas sektor 8 bersama dengan komunitas Eco Enzyme wilayah Bandung yang di pimpin Bapak Dody, menuangkan cairan Eco Enzyme ke dalam Oxbow Cicukang. Menginggat, air di tempat ini warnanya hitam yang disebabkan oleh limbah domestik yang berasal dari masyarakat,” ujar Kolonel Nursamsudin pada media

Dengan kegiatan tersebut, lanjut Dansektor, dia berharap setelah dituangkan cairan Eco Enzyme, akan bisa terbangun kembali kehidupan ekosistem yang ada di tempat ini. Tentunya dengan tumbuhnya kembali mikroba-mikroba dan mikroorganisme di seluruh kawasan Oxbow Cicukang.

“Semoga saja Oxbow ini airnya ke depan tidak lagi hitam dan baunya juga menghilang. Saya selaku Dansektor berharap kepada masyarakat khusunya warga yang ada disekitar tempat ini, untuk mulai sadar dan mau berperan serta dalam menjaga kebersihan, ketertiban dan juga kesehatan pada alam kita,”ucapnya.

Dia pun mengapresiasi komunitas Eco Enzyme sembari berharap bisa mengajak masyarakat dan komunitas untuk tidak kendor dalam upaya menjaga bumi ini. “Terus maju demi menjaga alam kita,”ujarnya.

Masih dilokasi yang sama, Dody selaku ketua komunitas Eco Enzim wilayah Bandung mengatakan, Eco Enzyme ini harus disosialisasikan kepada masyarakat, karena ini salah satu cara untuk melestarikan alam yang semakin kesini semakin banyak kerusakan yang terjadi.

“Mengingat, media yang kita perlukan dalam membuat cairan multi guna ini sangat mudah dan gampang didapat. Bahan bahannya ada di dapur kita sendiri,” kata Dody.

Dia menambahkan, untuk tahap awal selama 3 bulan dengan kebutuhan sekitar 12 sampai 13 ton cairan Eco Enzhyme.

“Nanti setiap Minggu, kita akan tuangkan 800 liter cairan Eco Enzyme ke Oxbow tersebut. Untuk kegiatan kali ini, di kegiatan perdana kita menuangkan cairan Eco Enzyme sebanyak 1 ton, selanjutnya akan berlanjut pada tiap minggunya,”ucapnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.