Blog

KSP Gagas Penanaman Pohon Bambu di DAS Citarum

JAKARTA – Kedeputian I Kantor Staf Presiden berencana menggelar penanaman bambu di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum tahun 2022 ini. KSP pun telah melakukan rapat kordinasi dengan pihak-pihak terkait yaitu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, Satgas Citarum, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, PT. Indonesia Power (IP) di KLHK, pada Selasa (2/8/2022).

Dalam keterangan tertulisnya, Tenaga Ahli Utama Kedeputian I KSP Trijoko M. Solehoedin-menuturkan, Kedeputian I Kantor Staf Presiden (KSP) untuk mendukung kegiatan penanaman bambu di Daerah Aliran Sungai (DAS).

Pada rapat kordinasi tersebut secara khusus membahas rencana penanaman bambu di DAS Citarum yang diharapkan dapat dijadikan percontohan / pilot project nasional untuk dapat diterapkan di DAS lainnya.

“Penanaman bambu harus memperhatikan aliran sungai dan fungsi sungai, serta diharapkan dapat meningkatkan kualitas air,”tuturnya.

Bambu sendiri merupakan tanaman yang fast growth dan memiliki kemampuan menyerap karbon yang cukup baik. Namun, jika ditanami harus jelas siapa yang akan merawat dan harus ada kejelasan kepemilikannya.

“Melalui rapat tersebut diharapkan dapat mengkonsolidasi dan dapat memastikan bahwa penanaman bambu dilakukan dengan clean and clear,”ucapnya.

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.