Blog

Kurangi Perilaku BABS, Sektor 18 Bangun MCK di Dusun Sukajaya

KARAWANG – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 18 Sub Sektor 6/Anggadita membangun MCK (mandi cuci kakus) di Dusun Sukajaya RT 06 RW 03 Desa Anggadita Kabupaten Karawang, Kamis (24/2/2022). Pembangunan MCK dilakukan guna mengurangi perilaku buang air besar sembarangan (BABS).

Dansub Sektor 6, Serka Made menuturkan, MCK akan digunakan untuk 5 KK atau sekitar 18 orang. Menurut dia, kegiatan tersebut disambut antusias oleh masyarakat agar mereka tidak membuang hajat ke sungai yang mengakibatkan pencemaran dan juga tidak baik untuk kesehatan.

“Progres Satgas Citarum Harum Sektor 18 dalam penanganan masalah limbah domestik hingga penanganan sampah yang ada di bantaran sungai. Adapun progres dari Satgas Citarum harum sektor 18 adalah limbah domestik ini bisa dijabarkan salah satunya tentang buang hajat ke Citarum sementara warga di pinggiran bantaran ini tidak mempunyai MCK. Jadi kita upayakan mendukung untuk pembuatan MCK,”ujarnya.

Menurut Made, pembangunan MCK akan dimulai pada awal bulan Maret. Saat ini mereka tengah mengumpulkan bahan-bahan materialnya.

Selain membuat progres Dansub 6/Anggadita  juga mengedukasi  warga lingkungan tentang pentingnya mempunyai MCK sendiri.

“Kalau masih ada perilaku BABS akan membuat Citarum itu menjadi kotor dari limbah domestik,”katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengedukasi pembuangan air bekas cucian agar jangan langsung dibuang ke Sungai Citarum. Pihaknya mengarahkan agar dibuat bak penampungan setelah itu baru dibuang ke Sungai Citarum.

Serka Made juga  kegiatan progres  pembuatan MCK berjalan dengan baik selanjutnya progres berikutnya tempat pembuangan sampah guna sampah sampah di lingkungan itu menjadi bersih nyaman.

“Setelah berjalan pembuatan MCK nantinya kita akan buat TPS,karena kalau tidak dibuat TPS di beberapa titik akan menyebabkan kotor itu untuk progres ke berikutnya,”ujarnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.