Blog

Lancarkan Aliran DAS Citarum Blok Cibedil, Sektor 13 Angkat Eceng Gondok

PURWAKARTA – Satuan tugas (Satgas) Citarum Harum sektor 13 mengangkat eceng gondok dari Daerah Aliran Sungai (DAS) di Blok Cibedil atau tepatnya di Desa Sukahaji, Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta, Senin (9/5/2022).

Komandan Sektor 13 Kolonel inf Dwi Sunyata melalui Danpok SSK 2/Pok 3 Desa Sukahaji Serka Ujang Suhendi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Citarum Harum dalam menjaga kebersihan DAS sebagai sumber daya alam yang patut dijaga.

“Seperti diketahui, DAS salah satu sumber daya alam yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Untuk itu perlu kita jaga dan pelihara kebersihanannya,” ujar Serka Ujang Suhendi pada wartawan.

Selain untuk kebersihan, kata Ujang, pengangkatan eceng gondok tersebut guna memperlancar aliran sungai terlebih disaat musim penghujan. Tanaman gulma itu kerap menghambat aliran sungai hingga tak jarang menyebabkan air meluap atau banjir.

“Jika terus dibiarkan, eceng gondok ini dapat membendung sungai hingga berpotensi terjadi banjir ke lahan pertanian maupun pemukiman warga,” ucapnya.

Selain menerjunkan sejumlah personilnya, Satgas Citarum Harum sektor 13 pun melibatkan warga setempat. Peran aktif dan dukungan warga, sangat diperlukan demi suksesnya setiap program- program Citarum Harum.

“Warga selalu dilibatkan, disela kegiatan ini kami terus berikan sosialisasi akan pentingnya menjaga kebersihan sungai yang merupakan salah satu sumber daya alam yang urgent bagi kehidupan. Dengan itu, diharapkan, warga pun tumbuh kesadaran dan dapat sama-sama menjaga setiap DAS agar selalu bersih,” tuturnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.