Blog

Langkah Pemprov Jabar Dalam Atasi Sampah Lebaran

KOTA BANDUNG – Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat memastikan telah melakukan antisipasi penanganan sampah usai lebaran 2022.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat (Jabar) Setiawan Wangsaatmaja kepada media menyatakan, tak ada kendala terkait penanganan sampah selama libur Lebaran. Ia juga tak menampik adanya peningkatan produksi sampah selama libur Lebaran.

“Produksi sampahnya kurang lebih dari yang biasa, kita melihat mungkin ada peningkatan sekitar satu setengah kali lipat. Aman, karena kita sudah menyiapkan dari jauh-jauh hari sebelumnya,” kata Setiawan di kantor BKD Jabar, Senin (9/5/2022) dikutip dari detik.com.

Setiawan mengaku rutin memantau perkembangan penanganan sampah selama libur Lebaran. Ia mengatakan untuk wilayah Bandung Raya, penanganan sampah terpusat di TPA Sarimukti. Sementara itu, penanganan sampah di wilayah Bodebek dikelola melalui TPA Cipayung Depok, dan TPA Galuga Bogor.

“Kemudian di wilayah Cirebon dan seterusnya juga ada” kata Setiawan. Lebih lanjut, Setiawan mengatakan Pemprov Jabar telah memastikan kesiapan armada dan BBM untuk mengangkut sampah selama libur Lebaran. “Makanya kemarin kan tidak ada masalahnya, tapi produksi (sampah) bertambah,” kata Setiawan.

Sebelumnya, dikutip dari Republika.co.id Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengatakan, selain mengantisipasi kepadatan dan kemacetan di hari raya, langkah antisipasi lonjakan volume sampah juga akan menjadi upaya yang diprioritaskan Jawa Barat.

Dia mengatakan, untuk menghalau terjadinya penumpukan sampah di hari lebaran dan pascalebaran, Pemerintah Jabar telah mengerahkan pasukan kebersihan dua kali lebih banyak. “Pasukan telah kami lipat gandakan untuk mengantisipasi penumpukan sampah, dan memastikan hitungan minimal dua jam tempat-tempat yang terlihat tumpukan sampah bisa kita bersihkan, termasuk tempat pelaksanaan Shalat Id,” ujarnya saat ditemui di Lapangan Gasibu, Kota Bandung usai pelaksanaan Sholat Idul Fitri, Senin (2/5/2022).(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.