Blog

Marathon Usai, Penyelenggara Pastikan Bakal Daur Ulang Sampah-sampah  

KOTA BANDUNG – Tak dapat dipungkiri kegiatan Pocari Sweat Run Indonesia 2022 dengan 5.000 peserta offline dan para ofisialnya menimbulkan sisa-sisa aktivitas berupa sampah. Sebut saja bekas kemasan air minum, kulit pisang, dan lainnya.

Beruntung, penyelenggara telah menyiapkan solusinya yaitu dengan mengumpulkan sampah kemudian memilahnya antara sampah organik dan anorganik. Untuk sampah anorganik sendiri akan didaur ulang.

Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka Puspita Winawati mengatakan, pihaknya memiliki inisiatif Run For Blue Planet. Melalui event tersebut, selain mendorong masyarakat sehat, juga mengampanyekan pemilahan sampah yang merupakan implementasi peduli terhadap kebersihan lingkungan.

“Ada insiatif Run for Blue Planet, jadi planet bumi ini harus kita jaga bersama-sama pada event ini. Konsepnya itu untuk pilah sampah. Para pelari atau runner ini diajak untuk memilah sampah organik dan anorganik, sederhana saja,” ujar dia pada jumpa pers di Aula Barat, Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (24/7/2022).

Setelah dipilah, lanjut dia, seratus persen sampah-sampah tersebut akan didaur ulang. Dengan demikian, event tahunan tersebut tidak hanya mengajak masyarakat sehat, tapi juga ramah lingkungan.

Sementara itu, Najwa Shihab yang juga terlibat dalam aksi lingkungan tersebut mengatakan, gerakan pilah sampah tersebut harus terus dilakukan karena hal sederhana yaitu melakukan hal kecil yang berdampak besar.

“Kebaikan ini harus dimulai dari diri sendiri kemudian dari keluarga, sekolah juga. Minimal dari rumah saja dulu, siapkan dua tempat sampah organik dan anorganik. Hal itu dapat mengurangi sampah di TPA,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya selalu mendukung kegiatan peduli lingkungan yang digaungkan masyarakat termasuk dari kalangan perusahaan.

“Kami selalu dukung acara ini karena agenda utama kami juga. Kegiatan ini contoh kemitraan pemerintah dan swasta apalagi tiap tahun ada pesan baik misal tentang lingkungan. Saya harap di Jabar ini jadi contoh marathon karena zerowaste harus jadi budaya dan tradisi,” tuturnya.

Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– berharap tahun depan kegiatan serupa dapat disempurnakan lagi ide-ide kreatifnya.

Untuk diketahui, Pocari Sweat bekerja sama dengan Pemda Provinsi Jawa Barat menggelar Pocari Sweat Run Indonesia 2022. Ini merupakan ajang lari tahunan yang kesembilan kali digelar.

Sebanyak 5.000 peserta yang berasal dari 167 kota akan berlari secara offline dari Gedung Sate, Kota Bandung dan diikuti 13.601 peserta yang berlari secara virtual di 311 kota di seluruh Indonesia.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.