Blog

Masuki Tahun Keempat, Satgas Citarum Gelar Rapat Kordinasi dan Evaluasi

KOTA BANDUNG – Tiga Tahun Program Citarum Harum, Satuan Tugas Citarum Harum menggelar Rapat Koordinasi progres kegiatan Citarum Harum 2021 dan pembahasan rencana kegiatan tahun 2022 serta sinkronisasi kegiatan dan koordinasi antara semua stakeholder yang terlibat di Posko PPK DAS Citarum Harum di Jalan Ir Djuanda, Kota Bandung, Kamis (27/1/2022).

Hadir semua elemen dari unsur Pokja Pemerintah Provinsi Jawa Barat, TNI melalui Kodam III/Siliwangi dengan 23 Komandan Sektor Citarum Harum, perwakilan Kementerian PUPR yaitu BBWS Citarum, tiga pengelola waduk dan juga tim ahli Citarum.

Tak hanya itu, Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja, Ketua Harian Satgas Citarum Harum Mayjen (purn) Dedi Kusnadi Thamim, Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Darmono Susastro dan lainnya.

“Kegiatan ini sudah sangat direncanakan untuk kita rapat dan bertemu guna berkomunikasi dalam evaluasi. Citarum ini sudah berjalan tiga tahun dan mau ke tahun ke empat,”ujar Ketua Harian Satgas Citarum Mayjend (purn) Dedi Kusnadi Thamim.

“Sudah diketahui bagaimana kegiatan dan hasilnya bagaimana, kali ini kita akan lakukan evaluasi apa yang kami sebelumnya sudah lakukan dan apa yang belum kita lakukan. Kita akan menyempurnakan dan sekarang kita akan lebih menyempurnakan, evaluasi kegiatan hulu tengah dan hilir dan ini sudah direncanakan,”ucapnya menambahkan.

Dedi berharap, dalam kurun waktu 4 tahun ini penanganangan Citarum bisa lebih maksimal.

Kasdam mengatakan, dalama internal Kodam penanganan Citarum merupakan operasi teritorial. Di mana, aturan operasi ada batas waktu, anggaran, ditentukan banyak orangnya dan sasarannya.

“Harapannya dengan kordinasi dan evaluasi karena konsep ke depan 2022 lebih ada melibatkan naradamping, pemda, dan Polda. Kami juga berharap pada para dansektor apa yang dievaluasi kemarin dicermati betul, wilayahnya dikembangkan, mari bersama-sama sesuai tugas fungsi masing-masing agar apa yang ditugaskan negara tercapai dengan baik,”katanya.

Sementara itu, Setiawan Wangsaatmaja mengapresiasi kinerja Satgas Citarum Harum yang telah bahu-membahu demi kemajuan Citarum. Termasuk di antaranya berkonrtibusi dalam mengharumkan nama Jawa Barat pada KOnferensi Perubahan Iklim 2021, COP26 di Glasgow pada akhir tahun 2021 lalu.

“Kemajuan Citarum sudah disampaikan gubernur di Glasgow dan alhamdulilah banyak apresiasi karena sudah ditangani cukup baik,”katanya.

Menurut dia, penanganan DAS Citarum jadi role model apabila ada masalah lain karena ditangani dan didukung oleh TNI maupun Polri.

“Itu esensinya, kunci sinergitas kita semua, dan terima kasih untuk teman-teman semua,”tuturnya.(*)

No Comment

2
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.