Blog

Menyulap Sampah Jadi Barang Berguna dan Menggemaskan

Kegiatan mendaur ulang sampah menjadi barang berguna merupaka hal yang tidak boleh bosan untuk kita bicarakan, karena kegiatan tersebut tentu saja sangat bermanfaat dari segala sisi baik itu dari sisi ekonomi atau sisi pengolahan sampah.

Kali ini ada pembuatan daur ulang sampah yang menarik dilakukan oleh Bank Sampah Mandiri Cihampelas.

Bank Sampah Mandiri Cihampelas melalui 3 cabangnya yaitu Cihampelas Mandiri 1 (CM 1), Cihampelas Mandiri 5 (CM 5) dan Cihampelas Mandiri 6 (CM 6) aktif untuk mengelola sampah menjadi barang berguna. CM ini mewakili RT masing-masing yang ada di Bank Sampah Mandiri Cihampelas.

CM 1 berperan sebagai pengelola botol, koran, dan kantong plastik. Sampah tersebut hasil kumpulan nasabah yang setor kepada Bank Sampah Mandiri Cihampelas. Botol, koran dan kantong plastik tersebut didaur ulang menjadi kursi, tempat tisu dan hiasan bunga.

“Allhamdulillah kemarin udah dapet pesenan kursi hasil daur ulang dari Telkom University” ujar Sulaiman selaku pegiat lingkungan hidup di Bank Sampah Mandiri Cihampelas yang ditemui Jumat (5/11/2021) kemarin.

Selain itu, sampah daur ulang yang dikelola oleh CM 1 ini sudah berhasil tembus ke luar negeri seperti Jerman dan Perancis. Barang yang biasa diekspor ke luar negeri itu seperti aksesoris atau hiasan bunga.

Sulaiman menuturkan, CM 5 dan CM 6 pun melakukan kegiatan daur ulang sampah dengan bahan yang berbeda. CM 5 menggunakan bungkus minuman sachet sedangkan CM 6 menggunakan karung goni.

CM 5 biasanya menggunakan bungkus minuman sachet tersebut menjadi tas untuk belanja ke pasar atau digunakan keperluan lainnya. Tas yang berasal dari daur ulang sampah ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat umum.

CM 6 membuat inovasi yang sedikit berbeda dari CM 1 dan CM 5. CM 6 memilih untuk membuat miniatur becak dari karung goni. Tentunya yang dilakukan oleh CM 6 ini menambah aneka ragam olahan sampah daur ulang dari Bank Sampah Mandiri Cihampelas.

“Sebenernya sih semua sampah kering ini bisa di olah lagi jadi barang yang berguna gitu, asal masayarakat mau milah sampahnya dan gak jijik buat bersihinnya. Oh iya selain itu, masyarakat juga harus kreatif untuk ngolahnya jadi apa” kata Sulaiman.

Sulaiman berharap dengan diadakannya kegiatan daur ulang ini semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk mendaur ulang sampah kering menjadi barang bermanfaat.

“Kalau masyarakatnya mau mengolah sampah kering buat jadi sesuatu sih bisa juga menjadikan uang, sampah yang suka kita anggap merugikan dan bikin riweuh kan akhirnya jadi banyak manfaat sampe ngehasilin uang” ucapnya.

Dia menambahkan,semakin banyak masyarakat yang melakukan daur ulang ini maka semakin berkurang volume sampah yang dibuang ke TPS. Dengan begitu, permasalahan mengenai lingkungan pun akan terbantu dan masyarakat terbiasa mengolah sampah dari rumah masing-masing.(Rai)

No Comment

2
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.