Blog

Muaragembong Waspada Bencana, Camat Minta Kades dan Warga Aktif Pantau Situasi  

KABUPATEN BEKASI – Camat Muaragembong, Lukman Hakim menginstruksikan para kepala desa dan masyarakat, agar aktif dalam memantau situasi berkenaan dengan kebencanaan. Hal itu menyusul intensitas hujan yang semakin tinggi di Kabupaten Bekasi.

“Menindaklanjuti Rapat Koordinasi (rakor) bersama Pj Bupati Bekasi, pada 7 Oktober lalu, kita bersiap meningkatkan kewaspadaan, mengingat curah hujan yang mulai tinggi di Kabupaten Bekasi,” ujar Lukman dikutip dari situs resmi Pemkab Bekasi, Senin (10/10/2022).

Pada rakor siaga darurat bencana, kata dia, Pj Bupati Bekasi menyampaikan sejumlah intruksi kepada perangkat daerah terkait dan para camat.

Maka dari itu, kata dia, Kecamatan Muaragembong mempersiapkan diri dan meningkatkan kesiapsiagaan, terutama di sejumlah titik yang kerap menjadi langganan banjir kiriman di sepanjang Sungai Citarum.

“Kami sudah menginstruksikan untuk mengaktifkan kembali Satgas Siaga Bencana di tingkat desa, mengecek titik-titik lokasi tanggul kritis potensi jebol,” katanya.

Selain itu, pihaknya menggencarkan bersih-bersih kampung di semua desa, seperti membersihkan saluran air, drainase dan gorong-gorong. Juga mendirikan posko desa dan menyiapkan jalur evakuasi dan tempat pengungsian.

“Kita sudah instruksikan kepada seluruh kepala desa untuk memantau informasi dari BMKG dan melibatkan semua unsur masyarakat yang ada di desa, serta aktif melaporkan kepada unsur Muspika terkait mitigasi bencana dan siaga bencana,”ucapnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.