Blog

Mudah Kelola Sampah dari Rumah

KOTA BANDUNG – Pemerintah terus mengkampanyekan pengelolaan sampah di rumah guna mengurangi timbulan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA).

Dikutip dari laman resmi website sipsn.menlhk.go.id penghasil sampah terbesar berdasarkan sumbernya ialah berasal dari rumah tangga, hal ini dijelaskan melalui grafik tahun 2022 yang menunjukan 56.7% sampah dihasilkan dari kegiatan rumah tangga.

Dalam website tersebut juga menampilkan grafik komposisi sampah tertinggi menunjukan angka 30.6% yang dihasilkan dari sisa makanan. Hal ini akan menjadi bencana bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jawa Barat apabila tidak pandai mengelola sampah dari sumbernya.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat mengingatkan kepada masyarakat untuk senantiasa mulai mengelola sampah dari rumah, dalam postingan instagramnya pada Selasa (12/7/2022) menjelaskan “Salah satu solusi untuk mengurangi timbulan sampah yang menumpuk di TPA yaitu dengan mengurangi sampah dari sumbernya”.

Langkah yang tepat untuk mengelola sampah dari sumbernya ialah mulai dengan memilah sampah, klasifikasikan sampah sesuai dengan jenisnya, sehingga kita dapat dengan bijak mengambil langkah atau cara yang tepat untuk mengelola sampah.

Akun resmi DLH Jawa Barat juga menjelaskan ada beberapa cara mudah mengelola sampáh dari rumah mulai dari mengompos sampah organik, menggunakan kembali plastik dań yang terakhir mengelola sampah anorganik melalui bank sampah.

Semua dapat kita lakukan mulai dari rumah, sampah yang bersumber dari rumah akan bermanfaat apabila dikelola dengan bijak.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.