Blog

Musim Hujan, 400 Petugas Siaga Pantau Sungai Citarum

KOTA BANDUNG – Musim penghujan mulai intens, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum menyiagakan 400 petugas pengawas untuk memantau kondisi Sungai Citarum serta kolam retensi dan bendungan-bendungan di sekitar daerah aliran sungai tersebut selama musim hujan dalam upaya mencegah banjir. Pengawasan dilakukan mulai hulu Citarum di Kabupaten Bandung sampai ke Kabupaten Bekasi.

Kepala BBWS Citarum Bastari mengatakan, petugas pengawas akan memantau tinggi muka air sungai serta memastikan kolam retensi maupun bendungan bisa menampung air yang mengalir dari hulu Sungai Citarum sehingga tidak sampai meluap dan menimbulkan banjir.

“Kami juga melihat tanggul-tanggul, sungai-sungai, kita lihat kondisi mana yang kritis. Meski kita belum bisa melakukan perbaikan semuanya, paling tidak lokasi kritis bisa kita antisipasi,” kata dia dikutip dari Antaranews, Rabu (5/10/2022).

Dia mengatakan, BBWS berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri, hingga Dinas Pekerjaan Umum dalam mengerahkan sumber daya dan sarana-prasarana pendukung untuk mencegah dan menanggulangi banjir selama musim penghujan.

Selain itu, Bastari mengemukakan bahwa banjir yang terjadi di wilayah Bandung selatan belakangan tidak separah beberapa tahun sebelumnya. Menurut dia, belakangan banjir lebih cepat surut, bisa surut dalam hitungan jam.

Ia juga menekankan pentingnya pemahaman warga mengenai mitigasi dalam upaya penanggulangan bencana.

“Masyarakat harus sadar kalau tinggal di daerah banjir paling tidak bisa menyelamatkan barang-barang, jangan sampai banjir menimbulkan korban harta, benda, ataupun jiwa,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jawa Barat Bambang Imanudin mengatakan bahwa 900 bencana terjadi di wilayah Jawa Barat selama Januari hingga September 2022.

Menurut Bambang, bencana yang terjadi selama kurun itu kebanyakan bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

“Mari kita sama-sama berwaspada. Hujan yang ada adalah berkah buat kita, mari kita bersama-sama kelola dengan baik,” kata Bambang.

Sementara itu, dikutip dari akun resmi instagram BBWS Citarum, mereka telah menggelar Apel Siaga Bencana Tahun 2022-2023 di Gedung Unit Pengelola Bendungan, Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung.

Apel diikuti oleh Para Pejabat BBWS Citarum dan Tim Satuan Tugas (Satgas) Bencana BBWS Citarum yang terdiri dari Petugas OP, Petugas Pompa dan Operator Alat Berat yang bertempat

Bastari saat itu bertindak sebagai Inspektur Apel. Dalam arahannya menyampaikan bahwa kesiapsiagaan bencana dimulai dari kegiatan prabencana yang meliputi penyiapan prasarana, peralatan dan bahan banjiran agar dipastikan berfungsi dengan baik serta pelaksanaan walkthrough untuk mengecek titik-titik kritis di lapangan.

Kemudian pada saat terjadi bencana dan pasca bencana juga merupakan tahapan kegiatan dalam kesiapsiagaan bencana, harus cepat dalam mendapatkan info dan menindaklanjuti kejadian bencana di lapangan.

Bastari juga mengingatkan pada pelaksanaan siaga bencana, harus terus menjalin komunikasi, meningkatkan koordinasi dan sinergitas dengan para stakeholders.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.