Blog

Musim Kemarau, BBWS Citarum Kebut Sejumlah Proyek

BANDUNG-Musim kemarau berlangsung, Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWS Citarum) akan memaksimalkan pengerjaan sejumlah proyek penanganan Sungai Citarum Hulu. Saat ini kondisi arus sungai nampak landai dan debit air pun berkurang kegiatan irigasi di Citarum bawah, dan lainnya.

Kepala BBWS Citarum Anang Muchlis mengatakan, dengan hadirnya musim kemarau menjadi keuntungan untuk mengakselerasi pekerjaan BBWS di lapangan. Meski demikian, pihaknya tetap harus memperhatikan atau mempertimbangan situasi dan kondisi saat ini yang masih dibelenggu dengan pandemi yang belum reda.

“Ada intruksi dari Bapak Menteri PUPR meskipun masa pandemi, kita harus tetap produktif. Kegiatan-kegiatan di lapangan harus selesai. Namun kita harus tetap peduli dengan pekerja. Mereka harus mematuhi prokes. Kalau ada yang terkena covid, harus segera dilakukan penanganan dan dibantu berobat sampai dengan sembuh,”ujar Anang, Rabu (28/7/2021).

Diakui Anang, meski demikian pihaknya pun tetap akan menyelesaikan target-target tersebut di musim kemarau ini.

“Ini salah satu waktu yang tepat untuk mengejar supaya pekerjaan tersebut segera selesai,”ucap Anang.

Selebihnya, kata Anang, untuk pekerjaan tersier mereka melibatkan masyarakat setempat untuk dirangkul dalam program padat karya.

“Kebetulan Kementerian PUPR ini peduli terhadap Covid-19, salah satunya diwujudkan dengan kegiatan padat karya, yng mana kegiatan ini dalam rangka untuk membangun infrastruktur
irigasi di tingkat tersier. Dan itu pelaksanaannya secara padat karya,”ucap Anang.

“Di BBWS Citarum kegiatan itu tersebar di seluruh wilayah provinsi Jawa Barat. Ini sangat efektif untuk menyerap tenaga kerja masyarakat yang kehilangan pekerjaan karena PHK, tidak ada penghasilan, semua itu terencana agar mereka semua kembali memiliki penghasilan melalui padat karya,”katanya menutup wawancara.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.