Blog

Panen Sawi, Dansektor 22 Harap Bios 44 Lebih Memasyarakat

KABUPATEN BANDUNG BARAT – Komandan Sektor 22 Satuan Tugas Citarum Harum Kol. Inf. Fx. Wellyanto Kasih memanen sayuran Sawi (pakcoy) hasil tanam mandiri Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 16 di wilayah Kp. Pasir Wangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Rabu (19/10/2022).

Welly turut memetik sawi yang subur di usia panen hanya 21 hari hasil pemupukan menggunakan Bios 44 dengan kandungan pupuk alam tidak mengandung zat kimia. Panen sawi saat itu dihadiri oleh staf KPSBU Lembang, Akademisi Dosen Peternakan Unpad yang mengapresiasi pada hasil uji coba Bios 44 untuk dikembangkan di tengah masyarakat petani.

Dansektor 22 Citarum Harum menyimpulkan, Bios 44 ini sangat sempurna untuk menyuburkan tanah dengan waktu yang singkat ke usia panen.

“Ini hanya 21 hari ke usia panen, seperti yang kita lihat sawi ini tumbuh subur dibanding menggunakan pupuk kimia lainnya,” ucap Welly pada awak media di lokasi panen.

Welly berharap, Bios 44 ini bisa dikembangkan di tengah masyarakat petani supaya meningkatkan hasil panen dengan harga yang sangat murah, karena Bios 44 ini dengan mudah bisa diproduksi sendiri.

Dari beberapa uji kesuburan tanah, Bios 44 bisa menanggulangi lahan kritis sehingga bisa ditanam semua jenis tanaman bahkan bisa meningkat daya sehat dan kesuburan bagi ikan dan hewan ternak lainya.

“Bios 44 ini bisa digunakan semua jenis pertanian, kehutanan juga bisa untuk meningkatkan mutu data sehat peternakan hingga ke pengembang perikanan, pasti hasil panennya bagus, biaya ekonomis dan yang jelas tanpa kandungan zat kimia yang merugikan kesehatan kita jika dikonsumsi,” ujarnya.

Pengembangan Bios 44 oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 terus bergulir, dengan harapan masyarakat bisa mulai menggunakannya.

“Jika diukur komersil, Bios 44 bisa menguntungkan para petani apapun, soalnya ini sudah terbukti dengan hasil panen yang bagus, semoga Bios 44 bisa diterima oleh masyarakat petani,” kata Welly.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.