Blog

Patriot Desa DPMDesa Jabar Gelar Peningkatan Kapasitas di DAS Citarum  

KOTA BANDUNG – DPMDesa Provinsi Jawa Barat bersama Patriot Desa untuk melakukan peningkatan kapasitas LPM, Patriot Desa Jawa Barat, dan Penggerak Lokal di Wilayah DAS Citarum, Rabu (27/7/2022) kemarin dalam area virtual zoom meeting.

Kepala Bidang KPPM DPMDesa Provinsi Jawa Barat Lisa Avianty sekaligus mewakili Kepala Dinas DPMDesa Provinsi Jawa Barat, Dicky Saromi dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan dilakukan dalam rangka pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum, pemerintah menetapkan Program Citarum Harum melalui 12 Rencana Aksi.

“Terkait capaian pelaksanaan Program Patriot Desa di Kawasan DAS Citarum Tahun 2021-2022, sebaran desa penempatan Patriot Desa di kawasan DAS Citarum sebanyak 107 Desa melalui pengelolaan 143 inisiatif di Bidang Lingkungan,”ujarnya dikutip dari akun instagram DLH Jabar dan Patriot Desa.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bidang Konservasi dan Pengendalian Perubahan Iklim – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, Helmi Gunawan menuturkan, sampah di provinsi Jawa Barat teridentifikasi sebanyak 25 ribu ton perhari. Dari jumlah tersebut 64 persennya berasal dari wilayah DAS Citarum.

“Oleh karena itu, dibutuhkan upaya bersama untuk mengatasi persampahan yang salah satunya adalah pelibatan komunitas,”ucapnya.

Sementara itu, Team Relawan Komunitas Eco Enzyme Nusantara/Pembina Kampung Wisata Eco Enzyme Yani Dalwiani memaparkan bahwa sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menjadi bencana bagi anak cucu manusia di masa depan.

“Oleh karena itu, jadilah penyelamat bumi untuk bisa mengelola sampah menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat bagi kehidupan,”ucapnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.