Blog

Pemeliharaan Jalur SUTET, Sektor 23 Kawal Pemangkasan 12 Pohon Besar

KAB. BANDUNG-Sektor 23/Pembibitan Satgas Citarum melakukan pendampingan pemangkasan 12 pohon besar di jalur Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi atau SUTET yang berada di petak 19, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Selasa (21/9/2021).

Pasiop Sektor 23/Pembibitan Suhendro mengatakan, pemangkasan dilakukan guna menghindari pohon tumbang ke jalur SUTET yang membahayakan pasokan listrik ke kawasan Wayang Windu.

Saat itu Sektor 23 bersama Kapolsek, Babinsa, Pol PP, Perhutani, dan perwakilan PLN melaksanakan kegiatan pemangkasan pohon.

“Kami sudah mendengar penjelasan dari PLN, Bapak Nandar Kurniawan terkait tujuan dari pemangkasan pohon tersebut yang ada di SUTET ini,” ujar dia.

Nandar Kurniawan dari PLN menjelaskan, saat itu mereka melakukan kegiatan pemangkasan pemeliharaan ROW yang berfungsi untuk memelihara jaringan listrik tegangan tinggi SUTET Wayang Windu Bandung Selatan dan Wayang Windu Kamojang. Kedua titik tersebut adalah objek nasional yang harus dipelihara untuk kelancaran penyaluran energinya.

“Jadi kita melakukan pemangkasan pohon yang mana pohon itu sudah berada pada perhitungan jalur kritis, jadi untuk mencegah apabila pohon itu tumbang mengenai konduktor dan memutuskan kawat akibatnya akan terjadi gangguan listrik dan menghambat penyaluran energi dari sumber ke pelanggan,”ujar dia.

“Maka dari itu kita disini melaksanakan pemeliharaan ROW didampingi dengan oleh bapak – bapak ini dan mudah mudahan kita dalam kegiatan hari ini bisa berjalan dengan lancar,” ucap Nandar melanjutkan. (*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.