Blog

Pemkab Bandung Gelar HMPI di Rancabali  

KABUPATEN BANDUNG – Pemerintah Kabupaten Bandung menyelenggarakan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Tahun 2022, di Jalan Raya Rancabali km 01 Desa Patengan Kecamatan Rancabali, Rabu (7/11/2022).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Asep Kusumah mengatakan, hal itu dilakukan merupakan salah satu upaya pengendalian perubahan iklim dan pengendalian degradasi hutan dan lahan. Selain itu pihaknya menggemakan kampanye gerakan menanam dan memelihara pohon, serta optimalisasi percepatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam pengendalian bencana dan kerusakan lingkungan di SubDAS Ciwidey.

“SubDAS Ciwidey, ini subDAS besar, ada banjir bandang pada Juni 2022, dua kali bahkan. Namun dengan pentahelix, proses intervensi SubDAS Ciwidey sungguh terasa,”ucapnya.

Melalui HMPI di Rancabali mereka melakukan penannaam pohon, pihaknya ingin menciptakan hutan tematik di Jabar melalui empat aspek yaitu sipil teknis, vegatasi, pembedayaan dan penegakkan hukum.

Sebelumnya, pada acara Jambore Pentahelix, Asep mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bandung bersama seluruh komponen pembangunan terus berupaya melakukan berbagai program strategis dan kegiatan dapat memperkuat upaya bersama meningkatkan percepatan pengendalian sudah di sub DAS Citarum yang melibatkan seluruh komponen masyarakat.

“Pendekatan-pendekatan teknis semata tidak mungkin bisa menyelesaikan persoalan secara keseluruhan sehingga dibutuhkan penguatan pada pendekatan rekayasa sosial yang membangun dan meluruskan kembali pola pikir masyarakat bahwa kita semua adalah sumber masalah tetapi kita juga menjadi sumber solusi bagi lingkungan sekitar,”ucapnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.