Blog

Pemkab Bekasi Dukung Program Pengelolaan Sampah di Wilayah DAS Citarum

KOTA BANDUNG – Pemerintah Kabupaten Bekasi mendukung penuh program pengelolaan persampahan di wilayah daerah aliran Sungai Citarum.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan komitmen yang dilakukan oleh Plt. Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki, pada pembukaan kegiatan Kick Off- Rapat Asistensi Peningkatan Kualitas Perencanaan Pengelolaan Sampah Terpadu. Kegiatan tersebut Bertempat di Hotel Holiday Inn, Bandung, Selasa (23/11/2021).

Dikutip dari situs resmi Pemkab Bekasi, kegiatan tersebut digelar oleh Kementerian Dalam Negeri RI bersama Kementerian PUPR RI, yang bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dalam memberikan dukungan teknis kepada Pemerintah Daerah yang bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan pembangunan pengelolaan sampah yang berskala nasional dan terukur.

Dalam wawancara terpisah, Plt. Bupati Kabupaten Bekasi menyampaikan apresiasinya kepada Kemendagri, atas rencana program dan strateginya untuk pengelolaan sampah dibeberapa wilayah di Jawa Barat.

“Kami diundang untuk rapat peningkatan pengelolaan sampah terpadu, saya sebagai kepala daerah mengapresiasi setinggi-tingginya rencana itu karena memang sampah ini menjadi isu yang tidak boleh dianggap sepele,” ujarnya.

Dirinya berharap setelah adanya rapat tersebut, Pemerintah Kabupaten Bekasi akan melakukan rencana untuk menindaklanjuti pengelolaan sampah di Kabupaten Bekasi.

“Saya harap semoga setelah adanya rapat ini, bukan hanya perencanaan tetapi cepat kita lakukan aksi di lapangan,”katanya.

Menurut Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Khaerul Hamid, dari 7 Kabupaten, Kabupaten Bekasi menjadi salah satu yang terpilih untuk berkolaborasi antar pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pemerintah provinsi. Kabupaten Bekasi berkomitmen, melalui Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, dan Badan Pendapatan Daerah, akan menyiapkan lahan pengelola sampah serta sosialisasi mengelola sampah dan lain sebagainya.

“Hari ini ada komitmen bersama melalui program ISWMP, dari 7 Kabupaten, kita masuk untuk nanti berkolaborasi antar pemerintah pusat, daerah dan provinsi dalam menangani sampah,” tuturnya.

Agenda dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama dan rencana aksi pemerintah daerah terpilih dalam mendukung program pengelolaan persampahan di wilayah daerah aliran Sungai Citarum, dan penyerahan plakat kolaborasi pusat dan daerah, dalam peningkatan kualitas perencanaan pengelolaan sampah terpadu di Jawa Barat, oleh Plt. Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro.

Selain kepada Plt. Bupati Bekasi, plakat tersebut juga diberikan kepada Kepala Daerah lainnya yang hadir maupun perwakilan, yakni Bupati Bandung, Bupati Purwakarta, Bupati Karawang, Wakil Walikota Bandung, Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat, dan Kepala Bappeda Cimahi. (*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.