Blog

Pemkot Bandung Akselerasi Penanganan Banjir Gedebage

KOTA BANDUNG – Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna menginstruksikan Dinas terkait untuk mengakselerasi penanganan banjir di kawasan Gedebage dan Jalan Rumah Sakit.

“Percepat untuk pengerukan sungai dan peninggian jembatan sinergi dengan BBWS dan PJN (Pelaksana Jalan Nasional),” kata Ema saat memantau titik banjir, Jumat 16 Desember 2022.

Dalam keterangan Humas Kota Bandung, Ema meminta, percepatan peninggian tanggul dan proses lelang menaikan jembatan 60 cm serta peninggian benteng sungai jajawai dan Cinambo baru supaya air tidak meluap.

Selain itu, untuk memperlancar aliran air dilakukan pengerukan dan peninggian jembatan di depan pasar Gedebage serta menghadirkan rumah pompa air yang siap siaga ketika banjir.

Sebelumnya Pemkot Bandung juga telah meresmikan Kolam Retensi Rancabolang yang memiliki sejarah panjang sejak 2019. Kolam yang memiliki luas sekitar 8.000 meter persegi ini mulai berfungsi sebagai penyerap air saat hujan deras.

Bahkan, di tahun ini ada tiga pembangunan rumah pompa di Kota Bandung, yakni di Cingingsed, Rancabolang untuk menangani banjir di Gedebage dan Adipura.

Selain itu, Ema juga meninjau trotoar di beberapa ruas jalan seperti Jalan Surapati dan Pasteur. Ia meminta trotoar untuk dibenahi dan memperbaiki trotoar yang rusak.

“Supaya lebih rapih dan memperindah estetika kota,” ujarnya.

Kali ini Ema meninjau beberapa lokasi diantaranya Jalan Ahmad Yani, Jalan Gatot Subroto (TSM), Jalan Rumah Sakit, Pasar Gedebage, Cicaheum, Surapati, Pasteur dan kawasan sekitar RSHS. (*)

No Comment

2
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.