Blog

Pemkot Bandung Bakal Bangun 2 hingga 3 Kolam Retensi di 2023 Mendatang

KOTA BANDUNG – Wali Kota Bandung, Yana Mulyana merencanakan sejumlah kolam retensi bakal dibangun pada tahun 2023 memdatang. Hal tersebut guna meminimalisir genangan air hingga banjir di sejumlah titik.

“Kolam retensi tahun ini 2022 sekitar 9 kolam. Tahun 2023 itu ada 2-3 kolam retensi lagi,” tuturnya dikutip dari keterangan Humas Kota Bandung, Kamis (29/12/2022).

Yana menerangkan, pembangunan kolam retensi untuk mengatasi banjir. Walaupun curah hujan tinggi, namun genangan akan cepat surutnya.

“Ini ikhtiar Pemkot Bandung untuk mengatasi banjir. Walaupun curah hujan tinggi, surutnya cepat,” katanya.

Kendati demikian, Yana mengakui jika waktu surut juga dipengaruhi oleh intensitas hujan.

“Kalau dihitung itu (waktu surut) tergantung intensitas hujan. Pastinya terkoneksi dengan drainase, kolam retensi, sumur imbuhan hingga rumah pompa,” tuturnya.

Ia mencontohkan salah satu kawasan yang surutnya cepat yakni di Jalan Pasteur depan mal BTC. Sebelum ada kolam retensi membutuhkan waktu yang lama.

“Namun kini hanya membutuhkan waktu 2-3 jam untuk surut,” ujar Yana.

Yana mengimbau kepada masyarakat agar buang sampah pada tempatnya. Terlebih sampah besar yang bisa dibuang sesuai tempat.

“Saya titip jangan buang sampah sembarangan. Itu pengaruhnya besar, karena di beberapa titik genangan banjir itu ketika saluran bersihkan ada ban, plastik hingga springbed,” katanya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.