Blog

Perahu Apung Inovasi Sektor 17, Siap Atasi Eceng Gondok  

KARAWANG – Satu lagi inovasi yang dilakukan oleh Satuan Tugas Citarum Harum. Adalah Sektor 17 Satgas Citarum Harum membuat perahu khusus untuk mengangkat eceng gondok dari permukaan sungai.

Serma Wahyu Bamin Sektor 17 menuturkan, pembuatan perahu dilakukan pada hari Sabtu tanggal 23 Juli 2022 bertempat di Posko Sektor 17. Hal itu atas gagasan Dansektor 17 Kolonel Arh Tri Sugiyanto, yang meminta pihaknya membuat perahu apung untuk mempermudah pengangkatan eceng gondok yang tidak terjangkau dari pinggiran sungai.

“Kami mencoba membuat perahu apung dengan memanfaatkan bahan dan perlengkapan yang ada, dengan harapan dapat membantu atau mempermudah dalam membersihkan sampah terutama eceng gondok yang perkembangannya sangat cepat di sepanjang sungai Kalimalang, ” ucap Wahyu saat dikonfirmasi via telepon, Selasa (26/7/2022).

Untuk sementara, kata dia, pihaknya baru membanagun 1 unit sebagai percobaan atau percontohan. Adapun bahan yang dipakai untuk membuat perahu apung ukuran 2 x 3 meter dibutuhkan 4 buah drum plastik diameter 50 cm panjang 100 cm, 5 batang baja ringan, masing – masing panjang 6 meter, dan papan kayu secukupnya untuk landasan.

“Perahu apung ini selain digunakan untuk membantu dalam membersihkan sampah dan eceng gondok, juga dapat difungsikan untuk mengantisipasi banjir musiman yang sering terjadi di daerah Karawang, semoga bisa bermanfaat untuk membantu warga masyarakat yang terdampak apabila banjir musiman datang,” ucap Wahyu.

Sementara itu untuk pengerjaannya Dansektor melibatkan Baops dan Bamin serta masyarakat setempat, dengan harapan agar masyarakat juga dapat membuatnya sendiri. Dengan demikian bila banjir datang, warga masyarakat tidak susah lagi membuatnya. Warga dapat menggunakan untuk keperluan pribadi juga untuk menolong sesama.

Di tempat terpisah, Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto via telepon mengungkapkan, kreativitas yang dilakukan Sektor 17 dalam pembuatan perahu apung merupakan wujud kesungguhan dalam mengatasi permasalahan eceng gondok yang sering menutupi permukaan Sungai Citarum.

“Dengan berbahan sederhana dan mudah didapat, permasalahan eceng gondok dapat teratasi. Hal ini juga dapat dijadikan acuan bagi Sektor lainnya dalam menanggulangi masalah eceng gondok yang kerap menutupi Sungai Citarum,” ucapnya. (*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.