Blog

Piknik Tanpa Sampah

Piknik menjadi kegiatan untuk melepas penat. Makanan dan minuman menjadi teman selama berpiknik. Namun ada hal yang kerap terlupakan dalam piknik, yaitu makanan dan minuman yang kita bekal dari rumah atau dibeli diperjalan menjadi potensi sampah di area piknik kita.

Sebut saja kemasan makanan dan juga botol minuman yang sering ditemukan berserakan atau menumpuk di tempat sampah.

Dilansir dari berbagai sumber, sebenarnya ada cara untuk meminimalisir sampah ketika piknik. Yang pertama, menggunakan keranjang khusus makanan agar menghindari penggunaan kantor plastik atau keresek.

Kemudian mengemas makanan dengan wadah-wadahan dan juga membawa botol minum bukan menggunakan gelas atau botol plastik sekali buang. Membawa wadah tertutup dari rumah juga sebagai antisipasi adanya makanan sisa untuk kembali dimakan sepulang perjalanan maupun di rumah.

Tak hanya itu, memawa piring berbahan ringan seperti dari melamine atau stainless untuk menikmati makanan bersama rekan atau anggota keluarga lainnya. Setelah makan piring dapat dibilas dengan air untuk kemudian disempurnakan pencuciannya di rumah dengan menggunakan sabun.

Langkah sederhana di atas dapat mengurangi potensi sampah piknik dan lingkungan tetap terjaga.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.