Blog

Pokja Edukasi Berikan Pendampingan Program Citarum Untuk Pemerintah Desa

KOTA BANDUNG – Kepala Bidang KPPM (Kelembagaan dan Pengembangan Partisipasi Masyarakat) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jabar Lisa Avianty menuturkan, sebagai bagian Pokja Edukasi Citarum Harum, terdapat delapan poin tugas edukasi dan pemberdayaan dengan arah kebijakan rencana aksi yang bertujuannya mencegah pencemaran dan pemulihan fungsi DAS Citarum.

“Dari delapan tugas edukasi itu bagaimana kami melakukan peningkatan kapasitas masyarakat di DAS Citarum dengan edukasi. Dengan demikian kami aktifkan PIC (personal in charge) di lapangan,”ujar dia dalam Podcast Ngonci akhir pekan lalu.

Adapun yang mereka libatkan yaitu kader posyandu, PKK dan Patriot Desa sejak 2019 lalu untuk pengendalian sempadan Citarum. Menurut dia, ada 41 desa yang saat ini diintervensi oleh Patriot Desa dari 1.554 desa di DAS Citarum. Mereka melakukan pemberdayaan maupun edukasi dalam pengendalian lingkungan, pengelolaan sampah dan cara melestarikan Sungai Citarum. 

“Pelibatan kader posyandu, PKK kami lakukan sosialisasi, dalam renaksi ini kami menyajikan area pendamping kedepan. Ada program-program nomenklatur di pemberdayaan, penanaman pohon bersama, ada pendampingan edukasi kelompok pemerhati Citarum di antaranya dengan memperhatikan skala prioritas,”ucapnya.

Dikatakan Lisa soal penanganan Citarum ini tidak hanya menjadi tanggung jawab provinsi Jabar, melainkan tingkat pemerintah desa pun terlibat terutama pada rencana pembangunan desa.

“Kami identifikasi peraturan desanya juga, kemudian menguatkan pemerintah desa bagaimana kepeduliannya pada Citarum. Dalam delapan item pokja edukasi ada perdes soal pengendalian Citarum,”ucapnya.

Pihaknya memasukan program Citarum di perencanaan pembangunan desa, penyuluhan pendampingan dan peningakatan kapasitas hingga pemberdayaan dari unit yang paling kecil. 

“Selain itu jangan lupa ada Posyandu dan juga Patriot Desa,enggak lupa ada 250.000 kader PKK dan ada  100.000 di antaranya di DAS Citarum dan perlu tools yang bagus,”ujarnya. (*)

No Comment

1
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.