Blog

Pokja Pengendalian Pemanfaatkan Ruang Gelar FGD

KOTA BANDUNG – Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat selaku Kelompok Kerja (Pokja) Pengendalian Pemanfaatan Ruang akan menggelar Focus Group Discussion (FGD) II di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Selasa (29/11/2022).

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar Bambang Tirtoyuliono dalam keterangan tertulisnya mengatakan, FGD dalam rangka pelaksanaan salah satu program Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum, pada Tahun Anggaran 2022, pihaknya melaksanakan kegiatan Pendataan Perizinan dan Kondisi Lapangan dalam rangka Pengendalian Pemanfaatan Ruang DAS Citarum pada wilayah hulu.

“Adapun pembahasannya yaitu hasil analisis dan penentuan objek terindikasi tidak sesuai dan berdampak terhadap pencemaran DAS Citarum dan pembahasan rumusan arahan tindak lanjut penanganan ketidaksesuaian pemanfaatan ruang DAS Citarum,”katanya, Kamis (24/11/2022)

FGD kedua ini merupakan kelanjutan dari FGD yang telah dilaksanakan sebelumnya. Pada FGD II dilaksanakan dengan tujuan untuk mengonfirmasi kepada Kabupaten/Kota di bagian Hulu DAS Citarum atas hasil analisis berdasarkan tipologi ketidaksesuaian pemanfaatan ruang serta mendapatkan masukan baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota terkait tindak lanjut penanganannya.

Adapun sasaran pelaksanaan FGD II ini yaitu mendapatkan masukan mengenai prioritas kegiatan / objek yang perlu diperhatikan berdasarkan hasil analisis ketidaksesuaian pemanfaatan ruang, analisis perizinan, dan analisis lingkungan yang telah dilakukan. Kemudian mendapatkan arahan pengendalian pemanfaatan ruang di DAS Citarum dalam mencapai Ultimate Goals PPK DAS Citarum.

Metode pelaksanaan FGD II meliputi pemaparan hasil analisis yang telah dilakukan berdasarkan hasil survei lapangan dan perizinan pemanfatan ruang di Koridor Citarum Hulu, kemudian pemaparan terkait arahan pengendalian pemanfaatan ruang di DAS Citarum dalam mencapai Ultimate Goals PPK DAS Citarum, dan desk klarifikasi hasil analisis kesesuaian pemanfaatan ruang dan data perizinan yang telah diperoleh di setiap kabupaten/kota di Citarum Hulu.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.