Blog

Puasa Tak Pengaruhi Kinerja Subsektor 10 Sektor 22 Citarum Harum

BANDUNG-Hari pertama puasa, Sektor 22 Satuan Tugas Citarum Harum tidak lantas mengendurkan semangat mereka untuk melaksakan rutinitas harian yang menguras tenaga. Seperti yang dilakukan oleh Sub Sektor 10, mereka membersihkan Sungai Cipamokolan di bawah kando Dansub 10 Serka Rudi Irawan di Kelurahan Jatihandap Kecamatan Mandalajati Kota Bandung, Selasa (13/04/2021).

Saat itu, pembersihan di wilayah Cipamokolan lebih banyak mengangkat sedimentasi, daripada sampah domestik.

“Meski demikian, pemeliharaan sungai terus dilakukan setiap harihari,” ujar dia.

Menurut Rudi, di setiap kelokan sungai banyak sekali sedimentasi. Sub sektor 10 mengangkat sedimen menggunakan karung dan ditaburkan pada bagian landai daratan. Pasalnya, sedimentasi bentuknya berupa pasir.

“Dengan kondisi tersebut, kami mengefektifkan kinerja dengan membagi dua anggota kami. Satu tim pembersihan sungai dan yang satu tim lagi untuk melakukan sosialisasi di seluruh wilayah sub 10,” ujar dia.

Dia membagi dua juga tim untuk melaksanakan giat pembersihan Sungai Cipamokolan di RW 03 Kelurahan Jatihandap dan melaksanakan komunikasi sosial door to door atau langsung turun ke masyarakat mensosialisasikan program Citarum Harum.

“Jadi semua anggota bergerak sesuai tugas yang ditentukan, termasuk pengecekan tempat pembuangan limbah pabrik-pabrik yang berada diwilayah Sub 10 Sektor 22 bisa dikontrol setiap hari,” kata dia.

Dia menambahkan, meski dalam kondisi puasa tugas mereka harus berjalan agar target Citarum Harum tercapai. (*)

No Comment

1
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.