Blog

Puncak Peringatan HPSN 2022, DLH Jabar Ajak Masyarakat Kurangi Sampah

KOTA BANDUNG – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat menggelar puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 secara hybrid di Kantor DLH Jabar Jalan Kawaluyaan, Kota Bandung, Selasa (8/3/2022).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat Prima Mayaningtias mengatakan, tema HPSN tahun 2022 “Kelola Sampah Kurangi Emisi Bangun Proklim”, yang dimaknai sebagai langkah strategis pemerintah dalam membumikan isu global perubahan iklim menjadi aksi bersama di tingkat tapak dalam upaya mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) melalui sampah, dalam mewujudkan Indonesia bersih sampah tahun 2025.

“Tujuannya meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh stakeholder untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang sangat kompleks. Mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk berperan aktif dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, khususnya dalam menjaga kelestarian bumi dan memperkuat peran pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat dan pihak terait lain dalam pengelolaan sampah yang komprehensif membangun kesadaran masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang sangat kompleks,”ucapnya.

Dikatakan Prima, pada peringatan HPSN tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2022, diselenggarakan dengan serangkaian kegiatan. Di antaranya menyelenggarakan webinar awareness waste management pada tanggal 17 februari 2022 yang diikuti oleh 1000 (seribu) lebih peserta dari berbagai instansi dan komunitas, menggelar diskusi interaktif untuk menjaring aspirasi dari para penggiat lingkungan sebagai representasi dari masyarakat yang peduli terhadap pengelolaan sampah, dan membangun aksi kolaboratif antara masyarakat dengan pemerintah dan dunia usaha, yang diimplementasikan melalui lomba parade video tentang pemilahan sampah.

“Telah terkumpul sebanyak 148 video yang terseleksi kedalam 3 kategori, dan video terbaik akan diberikan give away mohon kiranya bapak gubernur berkenan menyerahkan give away tersebut sebagai bentuk apresiasi,”ucapnya.(*);

No Comment

1
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.