Blog

Putung Rokok Jadi Beton Ringan

Jangan asal puntung rokok, sampah kategori ini butuh waktu puluhan tahun untuk dapat terurai.

Dikutip dari Liputan6.com ketimbang membuangnya sembarangan begitu saja, Anda dapat mengolahnya menjadi beton ringan serbaguna (lightweight concrete multipurpose) ala KYB Project.

KYB Project merupakan gerakan kreatif dari ide dua cipta yang berupaya membuka kolaborasi multidisiplin dalam menciptakan bahan baku terbarukan dari limbang harian. KYB Project dikembangkan untuk menjawab kebutuhan studio desain dan tantangan masalah sampah puntung yang ditemui sehari-hari. Membuat lightweight concrete dari puntung rumahan dapat menjadi pilihan kegiatan keluarga yang menarik di rumah.

Menariknya dari KYB Project adalah, beton ringan dari puntung rokok ini lebih ringan dari 37 persen dari beton biasa. Sementara ketahanan dan umurnya sama dengan beton biasa.

Tak hanya itu, satu beton ringan tersebut terbuat dari campuran 1200 buah puntung rokok (120 gram). Tentunya ini akan menjadi salah satu solusi mengatasi sampah puntung rokok. Berikut cara membuat beton ringan serbaguna dari puntung rokok tersebut.

Adapun alat-alatnya yaitu bejana aduk diameter 20 cm, scrapper 12 cm, sendok semen 6 inc, dan gelas ukur 1 L. Bahan-bahannya yaitu, 274,5 gram semen putih, 212 gram semen abu, 123 gram gypsum, 195,8 pasir, 65 gram kapas dari puntung olahan (caranya: kupas puntung rokok dari kertas pembungkus, suwir hingga tidak menggumpal), 8,1 gram plasticizer, dan 390 gram air.

Cara membuatnya, timbang semua bahan, tuang dan aduk bahan selama tujuh menit hingga merata, diamkan adonan selama satu jam, uli adonan hingga kalis selama lima menit, masukan adonan ke dalam cetakan, setelah 15 jam, cetakan siap untuk dibuka.

Beton ringan serbaguna tersebut bisa digunakan sebagai: asbak, tatakan gelas, tempat alat tulis, tempat kartu nama, atau dikreasikan menjadi apa saja.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.