Blog

Satgas Citarum dan BBWS Citarum Jaga Situ Cimeuhmal

KAB.BANDUNG-Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 21 bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum bersama-sama memelihara keasrian Situ Cimeuhmal di Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung. Situ Cimeuhmal merupakan salah satu mata air Sungai Cisangkuy (anak Sungai Citarum) yang saat ini kondisinya baik dan menjadi sumber air bagi masyarakat sekitar Situ untuk sumber air irigasi pertanian.

Untuk diketahui, Situ Cimeuhmal berada di kawasan hutan lindung Kp Kiarapayung, Desa Banjaran Wetan, Kecamatan Banjaran dengan luas 2 hektare.

Komandan Sektor 21 Kolonel Arh Nursamsudin mengatakan, Situ Cimeuhmal awalnya merupakan situ yang tidak terawat bahkan kering. Banyak pemotor yang bisa melalui situ karena saking keringnya. Padahal situ tersebut dulunya merupakan sumber air warga kampung yang ada di bawah situ.

“10 tahun lalu BBWS turun, kemudian Situ dirawat, dibangun sampai sekarang sudah bagus. Artinya sudah tertampung airnya jadi situ. Kemudian mata air bagus bagus juga,”ujar Nursamsudin, Senin (23/8/2021).
Menurut Dansektor, Situ Cimeuhmal mengalir ke Sungai Cikadu yang merupakan anaksungai Cisangkuy.

“Potensi alam di sana masih asri, bagus, di kelilingi tanaman pinus dan kopi. Bisa untuk konservasi sumbed daya air karena airnya tidak pernah putus, meski kemarau masih bagus dan mengalir terus,”ujar dia.

Pihaknya pun meminta agar masyarakat ikut membantu, sama-sama menjaga situ agar tetap terawat. Pasalnya, situ tersebut terbuka untuk siapapun yang datang ke sana langsung.

“Kemarin saya sampaikan ketika komunikasi sosial kepada warga. Terutama soal potensi wisata di sana. Saat ini sudah banyak yang datang terutama hari Sabtu dan MInggu,”kata dia.
Menurut dia, Situ Cimeuhmal jadi salah satu potensi wisata menjadi harapan dan tantangan. DI sana bisa jadi tempat wisata karena keasriannya cuma tantangannya juga ada. Pihaknya harus intens melakukan pengawasan bersama BBWS, maupun elemen kehutanan.

“Sabtu Minggu banyak yang kemping, takutnya ada api unggung dan sampah,”ujar dia.

Dia menambahkan, jika situasi landai pihak BBWS yang selama ini menjaga situ. Namun jika banyak pengunjung pihaknya menurunkan anggota.

Sementara itu, PPK Tatalaksana SDA 1 Satker Operasi dan Pemeliharaan BBWS Citarum, R Yayat Yuliana menuturkan, pihaknya bersama Sektor 21 melakukan komsos dan edukasi pada masyarakat sekitar agar sama-sama menjaga situ. “Mari jaga bersama, tolong jaga jangan sampai rusak,”ucapnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.