Blog

Satgas Citarum Harum dan Yayasan Budha Tzu Zhi Kembali Hijaukan Bantaran Citarum

KABUPATEN BANDUNG BARAT – Sektor 9 Citarum Harum bersama yayasan Budha Tsu Zhi melaksanakan penanaman ratusan pohon di posko utama Sektor 9, Desa Galanggang, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (9/4/2022).

Agenda penanaman pohon dihadiri unsur-unsur pemerintahan dari tingkat Desa hingga Kecamatan, perwakilan perusahaan, perwakilan dari Indonesia Power, serta dihadiri pula oleh siswa dan siswi SMP.

Ketua Harian Satgas Citarum Harum Mayjen TNI (purn) Dedi Kusniadi Thamim menuturkan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari penanganan Sungai Citarum.

Pihaknya melakukan penghijauan penanaman pohon yang bernilai ekonomis dan bermanfaat untuk masyarakat kedepannya sehingga perawatan Citarum tetap terjaga manakala Satgas Citarum dibubarkan pada 2025 mendatang.

“Kelanjutannya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah setempat, termasuk pengelolaan Waduk Saguling,” katanya.

Dirinya berharap, kedepannya antara pengelola waduk dan masyarakat harus siap mengambil alih apa yang harus dikerjakan setelah nanti satgas Citarum

“kembali ke barak” dan kembali menjadi prajurit yang bertugas untuk mempertahankan NKRI. Citarum juga menjadi tanggung jawab pemerintah, dari pengelolaan air, sampah, dan lahan. Tugas pemerintah nantinya bagaimana mengendalikan masyarakat dan menata bantaran Saguling ini.

Kadis Lingkungan Hidup Bandung Barat, Anugrah menuturkan, progress penataan dan pembenahan sungai Citarum sudah mulai terlihat hasilnya.

“Sungai Citarum ini kan dulunya tingkat pencemaran cukup berat, sekarang sudah mulai ada perbaikan. Selain berfungsi sebagai jalur transportasi, juga berperan penting sebagai pembangkit tenaga listrik,” katanya.

“Saya berterimakasih kepada yayasan Buddha Tsu Zhi dan juga sektor 9 karena sudah memfasilitasi agenda ini, sehingga penanaman pohon bisa dilaksanakan. Harapan kami mudah-mudahan apa yang dilakukan saat ini bisa berlanjut di kemudian hari,” ucapnya menambahkan.

Di tempat yang sama, Dansektor 9 Citarum Harum Kolonel Inf Akhmad Yani berpesan agar masyarakat tak bosan untuk turut menjaga alam.

“Saya ucapkan terimakasih kepada yayasan Buddha Tsu Zhi yang telah memberikan 500 pohon alpukat, tentunya kami tanam pohon tersebut, dan akan kami rawat sebaik-baiknya. Untuk komponen yang lain agar bisa mengikuti apa yang dilakukan ini merupakan wujud nyata didalam pembenahan lingkungan,”ujarnya.

“Tentunya kami akan melaksanakan tahapan-tahapan pemeliharaan pohon, pemupukan, kemudian pengecekan serta perawatan. Kami berkeyakinan, apa yang ditanam pada hari ini akan dirawat sebaik-baiknya sampai tumbuh subur dan besar selama kami melaksanakan tugas di Sektor 9 ini,” katanya melanjutkan.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.