Blog

Satgas Sektor 22 Citarum Lakukan Patroli di Kolam Retensi Bima  

KOTA BANDUNG – Dalam rangka melindungi kelestarian ekosistem sungai dan percepatan pencapaian progres Citarum Harum, Sektor 22 intens melakukan berbagai aktivitas meski di hari libur. Satgas Subsektor 03 melakukan patroli guna memonitor Kolam Retensi Bima di RW 04 Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo Kota Bandung Jawa Barat, Sabtu (23/7/2022).

Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto menuturkan hal itu usai melaksanakan olah raga pagi di Stadion Siliwangi, Jalan Lombok No. 10, Kota Bandung, Minggu (24/7/2022).

Arie mengatakan, patroli sungai dan pengawasan Kolam Retensi dilakukan sebagai upaya terpeliharanya ekosistem yang ada di Kolam Retensi tersebut. Selain itu juga menjaga peran Kolam Retensi sebagai pengendali banjir.

“Kolam Retensi merupakan kolam yang berfungsi untuk menampung air hujan sementara waktu dengan memberikan kesempatan untuk dapat meresap ke dalam tanah yang operasionalnya dapat dikombinasikan dengan pompa air,” ujarnya.

Untuk diketahui, kata Arie, keberadaan Kolam Retensi Bima yang berlokasi di Kelurahan Arjuna Kecamatan Cicendo Kota Bandung tersebut, merupakan inisiasi mantan Dansektor 22 Citarum Harum Kolonel Inf Eppy Gustiawan, yang disampaikan pada saat diskusi dengan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung.

Kegiatan Patroli dalam rangka monitoring Kolam Retensi dan kondisi sungai di wilayah kerja Subsektor 03 Sektor 22 Citarum Harum dilakukan Serka Hengki selaku Dansub Sektor 03 Sektor 22.
Dalam pelaksanaan patroli, Serka Hengki melewati beberapa kelompok masyarakat. Saat itu pula melakukan komunikasi sosial dengan menyampaikan tujuan Program Citarum Harum, salah satunya memberikan pemahaman untuk tidak membuang sampah ke sungai.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.