Blog

Sekretariat Satgas Citarum Terima Kunjungan Kementerian PMK

KOTA BANDUNG – Sekretariat Satuan Tugas Citarum Harum menerima kunjungan dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Rabu (18/5/2022). Kunjungan dipimpin oleh Arif Suprapto analis kebijakan ahli madya kordinator pembangunan wilayah, sementara dari Satgas Citarum diterima oleh anggota tim ahli Satgas Citarum Taufan Suranto.

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari upaya pelaksanaan kebijakan edukasi dan pemberdayaan masyarakat dan perkembangan intervensi program Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan di sepanjang aliran DAS Citarum.

Dalam paparannya, Taufan menuturkan, Kementerian PMK merupakan bagian dari pengarah program Citarum Harum berdasarkan Perpres 15/2018. Di satu sisi sebagai pelaku lingkup spasial di DAS Citarum.

Taufan pun mengungkapkan perkembangan program Citarum Harum di hadapan tim kementerian PMK, di mana saat ini Sungai Citarum telah ada di level cemar ringan.

“Perbedaan yang paling mencolok dari programini adalah keterlibatan TNI dan support APBN selain itu ada bantuan dari bank dunia untuk pembangunan TPS 3R,”ujarnya.

Sementara itu, usai menerima papara terkait program Citarum Harum, rombongan kementerian PMK akan melakukan kunjungan langsung ke Sektor 1 Citarum yaitu ke Situ Cisanti Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Kamis (19/5/2022).

Arif mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengumpulkan data-data untuk melaju pada tindakan selanjutnya yang akan dilakukan oleh Kementerian PMK.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.