Blog

Sektor 1 Angkat Sedimentasi di Aliran Situ Cisanti

KAB.BANDUNG-Mengawali tugasnya di Sektor 1, Komandan Sektor 1 Kolenel Infanteri Sudarwo Aris Nurcahyo meninjau proses pengangkatan sedimen di Situ Cisanti, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jumat (13/8/2021).

Saat itu, anggota Sektor 1 Citarum Harum melaksanakan kegiatan di Situ Cisanti. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain pengangkatan sedimentasi di aliran Sungai Situ Cisanti, serta membersihkan areal Situ Cisanti.

Aris mengatakan, Situ Cisanti sebagai sumber mata air Citarum menjadi tempat yang vital dan harus terus dipelihara keberlangsungannya agar tetap terjaga kelestariannya.

“Situ Cisanti kedepan bisa di kembangkan menjadi tempat wisata yang ada di Kabupaten Bandung yang merupakan wilayah Satgas Citarum Sektor 1,”ujar dia.

Untuk diketahui, Sektor 1 Cisanti memiliki beberapa Sub Sektor salah satunya Sub Sektor Situ Cisanti. Situ Cisanti merupakan titik O Km Citarum.

Selain itu juga merupakan sumber mata air bahkan di Situ Cisanti terdapat 7 mata air yg selama ini menjadi warisan budaya lokal masyarakat sekitar. Situ Cisanti yang dulu kotor penuh sampah kini sudah bersih.

Dengan demikian, situ beserta 7 mata airnya harus dijaga dan pelihara agar bisa menjadi warisan budaya untuk generasi yang akan datang.

“Alam harus kita jaga kelestariannya agar bisa bermanfaat untuk masyarakat tanpa merusak lingkungan,”tutur dia.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.