Blog

Sektor 12 Gunakan Alat Pencacah Eceng Gondok

KABUPATEN BANDUNG BARAT – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 12 membuat alat pencacah guna mengolah eceng gondok di Waduk Cirata. Alat sederhana yang terbuat dari tong air tersebut didisain guna mencacah eceng gondok yang berhasil diangkat ke permukaan untuk kembali digunakan sebagai makanan ternak maupun pengomposan.

Komandan Sektor 12 Kolonel CZI Suyatrinu Wardedi menuturkan, pihaknya membuat mesin pencacah guna membantu penanganan eceng gondok di Waduk Cirata sejak April 2022 ini oleh tim mekanik Sektor 12.

“Upaya pembuatan ponton kompeyer pencacah eceng tersebut merupakan kepedulian dari Satgas Citarum Harum Sektor 12 Cirata, karena melihat luasnya Waduk Cirata, seluas 6.004 hektare yang terletak di tiga kabupaten (Bandung Barat, Purwakarta, dan Cianjur),” ujarnya Kamis (28/4/2022).

Mengingat luasnya waduk tersebut dengan penyebaran eceng yang begitu cepat, pihaknya hanya memiliki sarana 3 unit exsavator, 3 helvester milik PJB, dan 1 unit exsavator milik Satgas Citarum Harum Sektor 12.

“Meski demikian kondisi tersebut dapat dimaksimalkan kembali,” ujarnya.

Sementara ini, untuk pembersihan eceng gondok yang begitu cepat memang diperlukan dukungan exsavator yang lebih banyak. Namun biayanya akan lebih besar.

“Dengan pertimbangan tersebutlah Dansektor 12 berinisiatif untuk berinovasi membuat ponton kompeyer pencacah eceng tersebut. Mudah-mudahan alat tersebut dapat segera diselesaikan dan dapat membantu penanganan gulma eceng gondok,” ucapnya.(*)

No Comment

1
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.