Blog

Sektor 12 Lakukan Patroli Eceng Gondok dan KJA

PURWAKARTA – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 12 intens melakukan patroli pertumbuhan eceng gondok dan keramba jaring apung (KJA) yang berada di Waduk Cirata, Kamis (3/3/2022).

Saat itu, Komandan Sektor 12 Kolonel Czi Suyatrinu Wardedi langsung melakukan patroli bersama anggota Sektor 12 menggunakan speedboat hingga ke jaring areal turbin PT Pembangkit Jawa Bali (PJB).

“Di sini sudah terlihat padat sekali populasi eceng gondoknya, jaring-jaring sudah terdesak oleh eceng gondok, bisa-bisa eceng gondok yang semakin banyak merangsek ke bawah jaring yang kedalamannya mencapai 3 meter ini,”ujar Suyatrinu.

Menurut dia, dengan membludaknya pertumbuhan eceng gondok tersebut harus segera diatasi dan juga diantisipasi.

“Pihak PJB harus antisipasi jangan sampai jaring penghalang turbin ini putus maka eceng gondok akan tersebar ke area turbin nanti kita akan sampaikan pada PJB,”ujarnya.

Menurut dia, penanganan eceng gondok harus disegerakan karena trash boom atau jaring penghalang eceng gondok nampak kelebihan muatan oleh populasi gulma atau eceng gondong.

“Eceng gondok ini saking banyaknya bisa meluap ke atas jaring karena dari atas semakin padat dan meluas,” pungkasnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.