Blog

Sektor 12 Patroli Intens Patroli KJA dan Eceng Gondok

PURWAKARTA – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 12 intens melakukan patroli eceng gondok dan keramba jaring apung (KJA) di Waduk Cirata. Seperti halnya patroli yang dipimpin langsung oleh Komandan Sektor 12 Kolonel Czi Suyatrinu Wardedi, Sabtu (5/3/2022).

Tim yang mengendarai speedboat sempat terhambat di tengah hamparan eceng gondok di Dermaga Coklat dan Dermaga Calincing. Speedboat sempat terhenti karena mesin panas tak kuat menembus serbuan eceng gondok saat itu. Beruntung, tak bertahan lama, speedboat dapat menembus eceng gondok menuju Demaga Gandasoli guna memantau kondisi KJA di sana.

“Kondisi KJA di sekitaran Dermaga Gandasoli cukup padat begitu juga yang berada dermaga lainnya. Kita tetap laksanakan patroli dan sosialisasi agar tidak ada yang buat KJA baru,” ujar Dansektor.

Ditegaskan Suyatrinu, nantinya Sektor 12 akan menertibkan KJA sesuai dengan kemampuan daya dukung Waduk Cirata yang hanya mampu menampung 7204 unit KJA.

“Sementara saat ini jumlah KJA di Waduk Cirata sudah berada di angka 93.630 unit, bayangkan sudah berapa banyak endapan sisa pakan yang ada di dasar waduk yang dapat mencemari kualitas air dan sangat mengkhawatirkan kelangsungan ekosistem maupun keselamatan waduk itu sendiri,” ucapnya.

Pihaknya bersama pemerintah daerah serta unsur terkait akan segera menertibkan para pelaku usaha KJA dan masyarakat sebagai pekerja petani di KJA. Diharapkan mereka menyadari dan mendukung pentingnya kegiatan penataan dan penertiban KJA khususnya di Waduk Cirata.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.