Blog

Sektor 14 Sosialiasi Penertiban Keramba Jaring Apung  

PURWAKARTA – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 14 melakukan sosialisasi penertiban keramba jaring apung (KJA) di 5 Kecamatan Kabupaten Purwakarta, Rabu (13/7/2022).

Komandan Sektor 14 Kolonel Infanteri Abdullah mengatakan, sosialisasi penertiban KJA dilakukan kepada aparatur Kecamatan/Desa di antaranya kepada para Camat, Kepala Desa, Bhabinsa serta Bhabinkantibmas di 5 Kecamatan Kabupaten Purwakarta.

“Tugas kedepan ada agenda penertiban KJA. Sebelum dilakukan penertiban KJA, terlebih dahulu dilakukan silaturahim dengan Muspika serta unsur lainnya, karena penertiban KJA ini nantinya akan melibatkan Bhabinsa dan Bhabinkantibmas,”ujarnya.

Setelah sosialisasi berjalan, maka tahap selanjutnya adalah eksekusi. “Ini merupakan tugas Negara yang harus kami laksanakan secara tegas namun humanis,” tutur Dansektor.

Diakui dia, sampai saat ini pihaknya tetap memperjuangkan mata pencaharian petani KJA yang dipertahankan jumlahnya harus sesuai dengan yang pemerintah anjurkan, yakni tidak melebihi kapasitas.

“Kami berharap upaya ini dapat berjala sesuai target serta memberikan hasil yang maksimal,” ucapnya.

Diakui dia, pemenuhan kebutuhan protein hewani dapat diperoleh dari hewan ternak di daratan maupun protein hewani yang berasal dari perairan. Ikan merupakan sumber protein hewani yang sangat banyak sekali manfaatnya untuk pemenuhan gizi.

Di sisi lain kegiatan budidaya ikan di waduk menimbulkan permasalahan baru karena ada pencemaran. Pencemaran pada lingkungan perairan yang disebabkan oleb kegiatan budidaya bersumber dari buangan pakan yang tidak terkonsumsi oleh ikan, serta bahan yang tidak ramah lingkungan.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.