Blog

Sektor 17 Ajak Warga Desa Parungmulya Jaga Kelestarian dan Kebersihan Sungai

KARAWANG-Tak hanya turun langsung ke sungai, sosialisasi dan edukasi terus dilakukan awak Satuan Tugas Citarum Harum ke tengah masyarakat. Seperti halnya yang digelar oleh Sektor 17 Satgas Citarum Harum Rabu (28/7/2021).

Sektor 17 melakukan sosialiasai program Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum di Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang. Saat itu hadir Danki Sektor 17 Kapten Arh Ramin N dan Kepala Desa Parungmulya Hanafi bersama perwakilan RW dan RT di Desa Parungmulya di lapangan bulu tangkis milik Desa Parungmulya dengan penerapan protokol kesehatan.

Kapten Arh Ramin mengatakan, melalui sosialisasi tersebut, pihaknya mengajak masyarakat agar bersama-sama menjaga kelestarian Citarum. Memelihara Citarum bukan hanya tugas Satgas Citarum Harum, melainkan menjadi tanggung jawab masyarakat juga.

“Masyarakat harus mengetahui bahwa saat ini pemerintah memiliki misi untuk mengembalikan Citarum agar lebih baik dengan adanya Perpres 15/2018. Bagaimana merawat Citarum, bagaimana agar Citarum enak dipandang dan bersih,”tutur Ramin.

Diakui dia, untuk kawasan Desa Parungmulya cukup baik tapi tetap harus ditingkatkan.

“Misalnya masalah limbah, tolong bantu kita, jangan sampe limbah dibuang sembarangan, kita cari cara bagaimana mengolah limbah. Siapa lagi yang jaga Citarum kalau bukan kita,”tutur Ramin.

Ramin pun mengimbau masyarakat jangan buang sampah di sungai tapi di tempat yang sudah disediakan.

“Kami siapkan tempat sampah titik tertentu,”ucap dia.

Kades Parungmulya, Hanapi mengatakan, pihaknya siap bekerja sama dengan Satgas Citarum Harum untuk menjaga kebersihan bantaran Kali Malang.

“Saya juga mengimbau para rt dan rw untuk sama-sama menjaga sungai jangan sampai masyarakat buang sampah sembarangan,”ujar dia.(*)

1 Comment

1
1Comment
  • Wahyu

    Semoga dengan adanya satgas citarum harum, sungai citarum menjadi bersih dan indah dipandang.

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.