Blog

Sektor 17 Dukung Penuh Operasional TPS3R di Cigembol  

KARAWANG – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 17 memastikan TPS3R yang berlokasi di Dusun Cigembol Kp. Cigembol RT 003/002 Desa Kutanegara Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang tetap berjalan. Pasalnya kehadiran TPS3R merupakan bagian dari upaya mengurangi sampah ke TPA maupun ke sungai.

Kunjungan telah dilakukan oleh Dansektor 17 Kolonel Arh Tri Sugiyanto, didampingi Bamin dan Baops ke bangunan TPS3R yang berdiri di atas kurang lebih 500 m2 lahan dengan luas bangunan 200 m2 akhir pekan kemarin.

Bamin Sektor 17, Serma Wahyu mengatakan, saat kunjungan mereka berdialog dengan pengelola TPS3R yaitu, Ana. Pada kesempatan tersebut Ana menjelaskan peralatan operasional yang digunakan TPS3R selama ini didapat dari DLHK Kab. Karawang sebanyak 3 unit mesin pencacah sampah (1 unit mesin pencacah plastik, 1 unit mesin pencacah sampah organik basah dan 1 unit mesin pencacah rumput), 2 unit becak motor(dari DLHK dan CSR PT Nestle Indonesia).

“Adapun mereka baru sekitar satu minggu mendatangkan alat hasil dari swadaya pengelola TPS3R berupa alat pencacah dan pemilah yang dinilai lebih efektif. Alhamdulillah setelah menggunakan alat itu banyak sampah yang sebelumnya banyak menjadi residu sekarang lebih sedikit menghasilkan residu,”tutur Wahyu, Selasa (9/8/2022).

Sementara itu, Wahyu mengatakan, saat itu Dansektor 17 menanyakan kendala apa yang sampai saat ini belum bisa terpecahkan. Pengelola mengatakan, masih kurangnya armada pengangkut sampah dan tenaga operator sehingga menjadi kendala dalam pengangkutan sampah di wilayah-wilayah kedusunan.

“Katanya sampai dengan saat ini baru empat dusun yang bisa mereka angkut sampahnya, sementara 2 dusun lagi belum bisa diangkut sampahnya,” ucapnya.

Dansektor berharap dengan adanya bantuan pembangunan TPS3R ini semoga bisa mengurangi permasalahan sampah yang saat ini sangat kompleks dan belum bisa terpecahkan.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.