Blog

Sektor 17 Tindak Tegas Pelaku Pencemar Sungai  

KARAWANG – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 17 melaksanakan sidak ke salah satu perusahaan kertas di Karawang. Kegiatan ini dilaksanakan menindaklanjuti adanya pengaduan dari masyarakat Desa Wanajaya kepada Dansektor 17. Disinyalir perusahaan kertas telah membuang limbah ke Sungai Cikereteg yang mengakibatkan Kondisi air Cikereteg menjadi hitam.

Dansektor 17 Satgas Citarum Harum Kolonel Arh Tri Sugiyanto, bersama staf Pada kesempatan itu Dansektor 17 langsung melaksanakan peninjauan ke Sungai Cikereteg bersama Bamin dan Baops Sektor 17 Rabu pekan lalu.

“Saya langsung melihat sendiri kondisi air Sungai Cikereteg yang hitam, sehingga saya perlu memberikan evaluasi dan imbauan kepada perusahaan yang diindikasikan melakukan pembuangan limbah secara langsung dan saya akan menemui langsung pimpinan perusahaannya,” ucap Dansektor 17 dalam keterangannya, Senin (29/8/2022).

Dansektor 17 saat itu menekankan kepada pimpinan perusahaan agar tidak membuang limbah ke anak Sungai Cikereteg karena dampaknya akan sangat luas kepada masyarakat dan bisa merusak ekosistem air.

“Limbah industri boleh dibuang ke sungai apabila sudah memenuhi syarat sesuai ketentuan yang berlaku. Kami Dari Satgas Citarum akan menindak tegas perusahaan yang nakal atau perusahaan yang tidak mengolah limbanya dengan baik,”ucapnya.

Setelah dikonfirmasi pada penanggung jawab perusahaan, mereka mengaku ada kebocoran di salah satu ladon penampungan limbah sehingga ada yang masuk ke Sungai Cikereteg. Mereka katanya sudah melakukan pembuatan tanggul supaya limbah yang bocor tidak sampai meluas. Selain itu, mereka akan segera memperbaiki kebocoran secepat mungkin.

Disamping melakukan pengecekan ke perusahaan kertas, Dansektor juga selalu berkomunikasi dengan pihak DLH Kabupaten Karawang agar tugas pokok satgas Citarum Harum bisa terlaksana dengan baik.

“Harapannya supaya semua pihak bisa saling membantu dan mencari solusi terbaik dalam penanganan limbah baik limbah industri maupun limbah domestik,”tuturnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.