Blog

Sektor 18 Manfaatkan Lahan Tidur Untuk Ketahanan Pangan

KARAWANG-Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 18 memanfaatkan lahan tidur atau lahan yang sudah tidak produktif lagi untuk digunakan sebagai demplot ketahanan pangan warga di sekitar daerah aliran sungai (DAS) Citarum. Seperti belum lama ini, Subsektor 5 telah menyulap lahan tidur di Desa Parungmulya menjadi demplot jagung.

Dansubsektor 5 Sertu Amin mengatakan, dalam prosesnya mereka berkordinasi dengan aparat pemerintah desa dan tokoh masyarakat setempat untuk dapat memanfaatkan lahan tidur yang ada di wilayah mereka.

β€œAlhamdulillah kami mendapat lahan seluas 750 meter persegi atas petunjuk pemerintah desa di sana dan diberikan izin untuk dapat dimanfaatkan,”ujar Amin, Senin (21/6/2021).

Selanjutnya, Subsektor 5 bersama masyarakat setempat melaksanakan pembentukan lahan untuk menanam Jagung Manis di bantaran Sungai Citarum, dengan memanfaatkan lahan tidur yang telah dibersihkan bersama masyarakat sekitar.

β€œKami sudah mulai bergerak sejak Kamis (17/6/2021) kemarin dan benih jagung sudah kami tanam di sana,”ujar dia.

Beberapa bulan kedepan, kata Amin, pihaknya bersama warga akan memetik hasil panennya. Jagung yang ditanamnya akan dibagikan kepada masyarakat sekitar dengan cuma – cuma.

“Semoga dengan apa yang kita perbuat saat ini, masyarakat tidak hanya menikmati bersihnya Sungai Citarum, tapi lebih dari itu masyarakat bisa merasakan betapa banyak manfaat dari sebuah sungai yang terjaga kelestariannya,”ucap Amin.(*)

No Comment

No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.