Blog

Sektor 19, Sosialisasikan Pencapaian Program Citarum Harum 2022

KABUPATEN KARAWANG – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 19, melaksanakan sosialisasi pencapaian Program Citarum Harum 2022 bersama aparatur Kelurahan Tanjungpura dan masyarakat di Taman Edukasi Citarum Telukmungkal, yang berlokasi di Jalan Miring RT 06 RW 13, Kelurahan Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Rabu (23/11/2022).

Komandan Sektor 19 Kolonoel Kavaleri R Ahmad Hudiono, memaparkan berbagai kondisi dan pencemaran yang terjadi di Sungai Citarum. Dari 23 sektor, masing-masing memiliki permasalahan yang berbeda, secara umum permasalahan yang terjadi diantaranya limbah domestik (rumah tangga), tanggul kritis, limbah industri, dan sedimentasi.

“Program-program di TA 2022 yang telah dikerjakan dan mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, mulai dari program menanam pohon, penanganan tanggul kritis, perapihan tanggul, penanganan sedimentasi, pembuatan MCK, pembuatan Taman Edukasi Citarum Harum, pembuatan Ipal Komunal, pembuatan Biogas, pembuatan Aula Serbaguna hingga Sarana Tempat Ibadah (Mushola),”katanya.

Untuk itu, Hudiono mengajak kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk menyadari dan memahami betapa pentingnya manfaat sungai bagi kehidupan, tidak hanya untuk generasi saat ini, juga untuk generasi mendatang.

“Selain mendapatkan pemahaman tentang Program Citarum Harum, ke depannya agar masyarakat lebih sadar lingkungan, merubah perilaku yang tadinya kurang peduli lingkungan menjadi peduli, contohnya yang tadinya buang sampah sembarangan sudah tidak lagi,” ujarnya.

Melalui sosialisasi ini, lanjutnya, diharapkan ada perubahan perilaku yang sebenarnya merupakan hal yang tidak mudah. “Masyarakat juga nantinya bisa mengingatkan tetangga, teman atau keluarganya agar buang sampah pada tempatnya dan tidak membuang ke sungai,”ujar dia.(*)

No Comment

1
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.