Blog

Sektor 21 Gagas Kolaborasi Pentaheliks Atasi Sampah di Cimahi

KOTA CIMAHI – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 21 menggandeng Pemerintah Kota Cimahi dan pelaku usaha mencari solusi persoalan sampah di Posko Sektor 21, Taman Kehati, Cipageran, Selasa (20/12/2022).

Hadir dalam diskusi, Dansektor 21 Kol Inf T. Bayu Wahyu Murwanto, perwakilan pelaku industri yang tergabung dalam APINDO Kota Cimahi dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi.

Bayu mengatakan, Sektor 21 menggandeng dan mengajak seluruh elemen pentaheliks untuk lebih pro aktif dan memiliki rasa tanggung jawab bersama dalam mengembalikan kelestarian lingkungan khususnya DAS Citarum.

“Untuk mengatasi setiap permasalahan khususnya terkait lingkungan harus mengesampingkan ego sektoral. Semua harus menjadi subyek, bukan sebagai obyek,”katanya pada media.

Menurut Bayu, sejak program Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan (PPK) DAS Citarum atau Citarum Harum hadir telah banyak perbaikan.

“90 persen pelaku industri telah melakukan perbaikan terhadap pengolahan limbah, sehingga kadar cemar citarum menjadi cemar ringan,”ujarnya.

Sementara, untuk persoalan limbah rumah tangga atau sampah diperlukan kolaborasi dari semua elemen termasuk pelaku industri.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas LH Kota Cimahi Raden Huzen Rachmadi mengapresiasi Satgas Sektor 21 dan APINDO Kota Cimahi atas kolaborasi sehingga bisa mengajak semua stakeholder untuk menangani sampah di Kota Cimahi.

Diketahui, Kota Cimahi menghasilkan sampah sekitar sebanyak 275 Ton/hari. 50 ton telah berhasil dilakukan pengolahan melalui Reuse, Reduce dan Recycle, sisanya 225 Ton diangkut ke TPA Sari Mukti.

Melalui pertemuan tersebut, Huzen berharap agar berkolaborasi penanganan sampah di Cimahi berkelanjutan sehingga permasalahan sampah di Cimahi akan berkurang secara signifikan dan bertahap.

Adapun bentuk kerjasama dan kolaborasi melalui pelatihan dan sertifikasi manajer dan operator di industri dalam pengolahan sampah, pengolahan air bersih dan udara.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.