Blog

Sektor 21 Siap Dukung Warga Penuhi Kebutuhan Bak Sampah

KAB.BANDUNG-Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 21 kerap memberikan stiumulasi atau bantuan gerobak sampah dan bak sampah kepada warga di bantaran anak Sungai Citarum seperti di Sungai Cisangkuy. Hal itu guna mengingatkan warga akan pentingnya menjaga kebersihan agar tidak membuang sampah langsung ke sungai.

Seperti yang dilakukan Subsektor 7 sektor 21 Citarum Harum belum lama ini, mereka menyerahkan satu unit gerobak sampah dan bak sampah di dua lokasi kawasan RW 8 Kelurahan Andir, Kecamatan Baleenda, Kabupaten Bandung.

Serma Andri Hari Irawan, Dansubsektor 7 Sektor 7 mengatakan, penyerahan bantuan tersebut merupakan bagian dari sosialisasi Satgas Citarum Harum kepada warga sekitar.

“Kami melakukan sosialisasi teknis di lapangan, bagaimana pemungutan dan penanganan pada sampah itu sendirim”ujar Andri, Sabtu (28/8/2021).

Menurut dia, masalah sampah ini perlu terus diingatkan kepada warga agar mereka sadar dan tidak membuang sampah langsung ke sungai. Pasalnya, selama ini sampah domestik menjadi penyumbang dominan Sungai CItarum dan anak-anak sungainya.

“Sungai itu kotornya karena banyak sampah rumah tangga makanya kami berikan bak sampah ini dan gerobaknya,”ucap dia.

“Kalau warga ingin membangun bak sampah yang sama kami siap bantu matrialnya,”ucap dia.

Saat ini, kata dia, pihaknya baru membantu dua titik saja. Sementara jumlah warga yang harus terlayani di RW 8 tersebut mencapai 700 KK.

“Ke depan kami imbau untuk nambah bak sampah karena dari jumlah warga masih kurang,”tutur dia.

Pihaknya pun berharap agar RW setempat memperbanyak sosialiasasi dan juga memasang spanduk ajakan menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai di titik-titik yang rawan.

Iyan Sopian Ketua RW 8, berterima kasih dengan upaya yang telah dilakukan oleh satgas Citarum Harum. Pasalnya secara bertahap kondisi lingkungan di sekitar mereka ada perubahan. Perilaku warga pun perlahan berubah tidak lagi membuang sampah ke sungai.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.