Blog

Sektor 22 dan Pegiat Lingkungan Siapkan Insenerator Ramah Lingkungan  

KOTA BANDUNG – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 22 berkolaborasi dengan pegiat lingkungan membuat inovasi pengelolaan sampah melalui insenerator yang ramah lingkungan.

Komandan Sektor 22 Kolonenl Kav Sugiono mengatakan, pihaknya mendukung kolaborasi tersebut karena ramah lingkungan tanpa menimbulkan polutan.

“Insenerator ini bisa jadi percontohan untuk wilayah lainnya dalam hal pengelolaan sampah. Karena inovasi ini sampah selesai tanpa adanya pencemaran udara maupun air,” kata Sugiono pada media saat melakukan praktek pembakaran sampah di Posko Sektor 22 Citarum Harum, Rabu (24/8/2022).

Sugiono menilai, inovasi yang dilakukan antara Satgas Citarum Harum bersama dengan generasi bangsa adalah salah satu terobosan baik untuk mengurangi problem sampah di Kota Bandung.

“Ini salah satu jalan keluar dan solusi permasalahan sampah di Kota Bandung. Karena dapat menyelesaikan 1 ton sampah dalam waktu 4 sampai 5 jam,” tuturnya.

Untuk cara kerjanya, lanjut Sugiono, awalnya sampah dimasukan ke dalam mesin pembakar dan tidak memerlukan bahan bakar tambahan.

“Setelah dibakar, menjadi abu yang bisa di gunakan untuk berbagi macam. Selain ramah lingkungan, dari pengolahan sampah menggunakan alat ini juga menghasilkan pupuk organik cair,”ucap dia.

Sugiono berharap, dengan adanya alat insenerator ini bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah bukan memindahkan masalah.

“Mudah-mudahan alat ini menjadi salah satu alternatif pengurangan sampah di Kota Bandung,”ucapnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.