Blog

Sektor 22 dan Pemerintah Kota Bandung Akan Tanami Bantaran Cipamokolan

BANDUNG-Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 22 bersama Pemerintah Kota Bandung akan melakukan penanaman pohon di bantaran Sungai Cipamokolan. Hal itu guna mencegah erosi di bantaran sungai.

Sektor dan DPU berinisiasi untuk merencanakan penanaman pohon produktif dan vetiver sebagai penahan longsor dan menghijaukan bantaran sungai. 350 pohon yang terdiri dari rambutan, pete, nangka, mangga dan kelengkeng ditambah 250 polybag vetiver akan menghiasi bantaran Sungai Cipamokolan yang berada di wilayah Kelurahan Derwati, Kecamatan Rancasari.

Pada hari Rabu tanggal 21 Juli 2021 pukul 09.00 WIB bertempat di kantor UPT DAS DPU Kota Bandung jalan Cianjur Keluruhan Kacapiring Kecamatan Batununggal telah dilaksanakan rapat koordinasi tentang kegiatan penanaman pohon di bantaran Sungai Cidurian, Kelurahan Derwati, Kecamatan Rancasari.

Kegiatan ini dipimpin oleh Dansektor 22 Kolonel Infanteri Eppy Gustiawan dan Kadis PU Kota Bandung dan diikuti dari beberapa dinas terkait dan unsur kewilayahan.

Eppy mengatakan, kondisi awal sungai Cipamokolan penuh dengan titik penumpukan sedimentasi sehingga sungai tidak normal. Namun saat ini dengan adanya alat berat dari Satgas Citarum Harum, sedimentasi sudah tidak ada dan kirmir menjadi lebih rapih.

“Ke depannya kita jangan hanya jago menanam saja tapi harus lihai dalam memelihara dan merawat. Bukan seberapa pohon yang ditanam tapi seberapa pohon yang hidup sampai besar nanti. Ini menjadi tantangan juga untuk kita, dinas terkait dan unsur kewilayahan,”ucap dia.

Kadis PU Kota Bandung menjelaskan kolaborasi multi pihak dapat mewujudkan ruang terbuka publik yang lebih sehat dan lebih ekologis,agar sungai menjadi pusat perhatian mesti ada ruang publik agar diketahui dan dinikmati masyarakat umur.

Wisata air menjadi bagian yang bisa menarik minat masyarakat umum yang nantinya peduli akan adanya sungai.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.