Blog

Sektor 22 Ubah Lahan Tandus Jadi Produktif  

KABUPATEN BANDUNG – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 22 Sub 15 melaksanakan panen kacang tanah dan timun di lahan ketahanan pangan Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Kamis (10/11/2022).

Baops Sektor 22 Serka Bayu di dampingi Dansub 15 Serma Cece menuturkan, panen kacang tanah dan timun merupakan hasil dari pemupukan BIOS 44 sehingga hasil panen melimpah bisa membantu masyarakat sekitar.

“Karena tujuan kita menanam ini hasilnya juga bisa dinikmati bersama”. katanya.

Sementara itu, Dansub 15 Serma Cece mengatakan, lahan ketahanan pangan sebelumnya merupakan lahan tak produktif. Namun kini tumbuh subur berbagai jenis tanaman setelah sebelumnya Satgas Citarum Harum memanfaatkan cairan Bios 44 untuk memperbaiki unsur hara tanah di lahan tersebut.

“Dulunya lokasi ini tanahnya tandus dan kurang subur, kini lahan tersebut terlihat subur. Setiap ditanami sayuran maupun pohon produktif lainnya seperti jagung, terong, kangkung, cabe, dan berbagai jenis tanaman lainnya tumbuh subur,”tuturnya. 

Selain itu, lahan ketahanan pangan tersebut bisa menjadi sarana edukasi masyarakat untuk menambah wawasan dalam pemanfaatan lahan menjadi produktif serta menghasilkan berbagai jenis sayuran.

“Bahkan masyarakat sendiri bisa langsung panen atau memetik sendiri yang sudah siap dipanen. Karena kita menanam ini untuk mendukung ketahanan pangan,”ucapnya.

Perlu diketahui, Bios 44 berupa cairan perpaduan dari beberapa mikroorganisme yang berfungsi untuk memperkecil hingga menutupi rongga-rongga yang ada pada lahan gambut.

BIOS 44 ini hasil eksperimen dari TNI AD yang dikembangkan langsung oleh Kodam III / Siliwangi, yang sudah mempunyai hak paten dari Kemenkum HAM.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.